Comscore Tracker

Wilayah Jatim Siang-Sore Tidak Ada yang Cerah

Didominasi berawan dan hujan

Surabaya, IDN Times - Cuaca di Jawa Timur masih diprakirakan didominasi hujan di berbagai daerah. Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi di Pulai Bawean.

1. Siang hingga sore hari di Jatim diperkirakan tidak ada yang cerah

Wilayah Jatim Siang-Sore Tidak Ada yang CerahIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto memaparkan, cuaca di Jatim diprakirakan akan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir di pagi hari. Sementara siang hingga sore hari, tidak ada daerah yang diprakirakan cerah.

"Untuk malam hari kembali cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan dini hari hingga berkabut," ujar Teguh, Sabtu (27/11/2021).

2. Peringatan cuaca ekstrem di Pulau Bawean

Wilayah Jatim Siang-Sore Tidak Ada yang CerahInstagram.com/gresikdrone

Meski diprakirakan hujan deras, potensi banjir di Jatim berada di level waspada. Untuk suhu udara berada di kisaran 15-33 derajat celcius. Sementara kelembapan udara sekitar 60-100 derajat celcius dengan angin didominasi dari tenggara ke selatan dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam.

"Ada peringatan dini cuaca ekstrem di Pulau Bawean," tuturnya.

3. Surabaya diprakirakan hujan dari siang hingga malam hari

Wilayah Jatim Siang-Sore Tidak Ada yang CerahIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari diperkirakan terjadi di wilayah Pacitan dan Kabupaten Blitar. Sementara untuk siang hingga sore hari ada di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

"Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Kab. Probolinggo, Bangkalan dan Sumenep. Untuk dini hari di wilayah Pacitan," tutupnya.

Baca Juga: [WANSUS] Berkah Pawang Hujan di Musim Hujan hingga ke Mancanegara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya