Tak Kunjung Jadi, Museum Olahraga Surabaya Batal Diresmikan Tahun Ini

Perkembangan terbaru masih penetuan desain eksterior

Surabaya, IDN Times - Dua hari lagi 2019 akan berakhir. Namun, proyek Museum Olahraga Surabaya yang sempat dicanangkan akan diresmikan akhir tahun ini nyatanya batal terealisasi. Bangunan yang rencananya akan dijadikan museum tak kunjung tampak wujudnya.

1. Pemkot pastikan pembangunan museum olahraga terus dikerjakan

Tak Kunjung Jadi, Museum Olahraga Surabaya Batal Diresmikan Tahun IniGedung yang rencananya akan jadi Museum Olahraga. iDN Times/Fitria Madia

Ketika IDN Times meninjau lokasi Museum Olahraga yang terletak di komplek Gedung Olahraga (GOR) Pancasila, Minggu (29/12), tampak tidak ada aktivitas pekerjaan proyek. Puing-puing bangunan bekas penjebolan beberapa tembok juga tak terlihat.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan bahwa proyek Museum Olahraga masih dalam tahap pengerjaan.

"Sedang pengerjaan dan difinalkan tahun depan," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Minggu (29/12).

2. Desain eksterior sementar sudah ditentukan

Tak Kunjung Jadi, Museum Olahraga Surabaya Batal Diresmikan Tahun IniDesain eksterior komplek GOR Pancasila dan Museum Olahraga. Dok DPRKPCKTR

Iman mengaku bahwa hingga saat ini pihaknya masih menyelesaikan desain eksterior dari Museum Olahraga yang dijadikan satu komplek dengan GOR Pancasila dan Lapangan Thor. Desain ini akhirnya rampung usai mendapat masukan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau langsung lokasi beberapa waktu lalu.

"Sementara desainnya seperti ini dan masih dalam proses pengembangan," tutur Iman seraya memberikan gambaran desain.

Baca Juga: Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung Dibuka

3. Desain interior belum ditentukan

Tak Kunjung Jadi, Museum Olahraga Surabaya Batal Diresmikan Tahun IniPenampakan halaman GOR Pancasila, Minggu (29/12). IDN Times/Fitria Madia

Untuk desain interior, hingga saat ini masih belum ditentukan. Pihaknya masih mencari inspirasi dan masukan-masukan dari berbagai pihak. Selain itu, koleksi museum juga masih diinventarisir oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Untuk saat ini interiornya belum. Masih dalam proses," ungkapnya.

4. Masih ada pengerjaan pedesterian di depan GOR Pancasila

Tak Kunjung Jadi, Museum Olahraga Surabaya Batal Diresmikan Tahun IniPengerjaan pedesterian di depan GOR Pancasila. IDN Times/Fitria Madia

Selain lantaran desain masih belum ditentukan, Iman mengatakan bahwa Museum Olahraga masih menunggu pengerjaan pedesterian oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Surabaya. Pengerjaan pedesterian tersebut terletak di depan GOR Pancasila.

"Karena beberapa area masih dipergunakan untuk barak pekerja proyek pedesterian," pungkasnya.

Sebagai informasi, proyek Museum Olahraga ini dikerjakan oleh Satuan Tugas Pemerintah Kota Surabaya. Pengerjaan seperti ini sama seperti proyek Museum Pendidikan yang lalu. Hanya saja, Museum Olahraga diperkirakan menghabiskan dana tak sampai Rp1 miliar.

Baca Juga: Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya