Survei Populi Center: Machfud Terpopuler, Eri Unggul di Elektabilitas

Sudah tentukan pilihanmu?

Surabaya, IDN Times - Lembaga survei Populi Center merilis hasil surveinya terkait Pilkada Kota Surabaya. Hasilnya, Pasangan Calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman meraih popularitas lebih tinggi. Namun, paslon nomor urut 1, Eri Cahyadi-Mujiaman meraup lebih banyak elektabilitas.

1. Machfud Arifin juara popularitas

Survei Populi Center: Machfud Terpopuler, Eri Unggul di ElektabilitasCalon Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin saat menemui warga RW 03 Dukuh Pakis, Senin (19/10/2020) malam. IDN Times/Dok. Istimewa.

Survei ini dimulai pada 6 hingga 13 Oktober 2020 dengan 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) serta margin of error sebesar 4,0 persen dan tingkat kepercayan 95 persen. Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati, menjelaskan bahwa Machfud Arifin merupakan nama yang paling banyak dikenal dengan persentase 74,0 persen, diikuti oleh Eri Cahyadl dengan 68,8 persen, Armuji dengan 55,0 persen, dan Mujiaman Sukirno 50,2 persen.

"Kedua, nama Eri Cahyadi unggul untuk kategori akseptabilitas sebagai sosok yang mampu mernbawa perbaikan, sosok yang disukai, sering muncul di media sosial, paling memahami persoalan di kota Surabaya, dan dinilai paling mampu menangani COVID-19," paparnya, Jumat (30/10/2020).

2. Elektabilitas Eri-Armuji lebih tinggi

Survei Populi Center: Machfud Terpopuler, Eri Unggul di ElektabilitasCalon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berdoa bersama para kiai, Minggu (27/9/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Sementara untuk elektabilitas Eri Cahyadi-Armuji merupakan pasangan yang paling dipilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Surabaya periode mendatang dengan 41,0 persen, mengungguli pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno dengan persentase 37,7 persen. Sementara undecided voters sebanyak 21,3 persen.

“Jadi secara popularitas Pak Machfud Arifin lebih unggul, tapi elektabilitasnya masih kalah dibanding Pak Eri Cahyadi,” tuturnya.

Baca Juga: Machfud Sebut Tak Peduli Survei PDIP, Jubir Eri-Armuji: Ada yang Galau

3. Tingkat partisipasi masyarakat 80,7 persen

Survei Populi Center: Machfud Terpopuler, Eri Unggul di ElektabilitasIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, untuk tingkat partisipasi, sebesar 80,7 persen mengaku akan menggunakan hak pilihnya. Sementara 14,2 persen menjawab masih mempertimbangkan situasi perkembangan COVID-19. Kemudian sebesar sisanya menjawab tidak datang ke TPS.

“Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme dan tingkat partisipasi (voters turn out) warga kota Surabaya cukup tinggi,” ungkapnya.

4. Keunggulan Eri-Armuji cukup mengejutkan

Survei Populi Center: Machfud Terpopuler, Eri Unggul di ElektabilitasIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Di samping itu, peneliti Populi Center, Jefri Adriansyah menambahkan, angka elektabilitas yang diperoleh paslon nomor 1 cukup mengejutkan. Hal ini lantaran kemunculan paslon Eri-Armudji sangat pendek dibanding Machfud Arifin-Mujiaman yang muncul jauh-jauh hari.

"Saya cukup kaget karena suara Eri-Armudji bisa mengimbangi Pak Machfud yang sejak Januari sudah melakukan laras maju Pilwali Surabaya. Banyaknya partai yang mengusung Pak Machfud tak memberikan efek yang signifikan," imbuhnya.

Baca Juga: Sebut Survei Eri-Armuji Salah, Machfud-Mujiaman Klaim Unggul 20 Persen

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya