Comscore Tracker

Sebuah Alquran Utuh dalam Kebakaran yang Hanguskan 7 Rumah di Surabaya

Petugas kebakaran kaget ada kertas yang tidak terbakar

Surabaya, IDN Times - Bambang Vistadi siang itu menjalankan tugasnya sebagai Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya seperti biasa. Kebakaran hebat melahap 7 rumah dalam Kompleks Asrama Kodam V Brawijaya, Jalan Kesatrian, Sabtu (29/2). Tapi, ada keajaiban yang terjadi dalam tugasnya siang itu.

1. Bambang heran ada benda yang tidak terbakar

Sebuah Alquran Utuh dalam Kebakaran yang Hanguskan 7 Rumah di SurabayaKebakaran di kompleks asrama Kodam V Brawijaya, Jalan Kesatrian, Surabaya, Sabtu (29/2). (Dok Dinas PMK Kota Surabaya)

Api sudah cukup besar ketika pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Beruntungnya, api bisa segera dipadamkan. Sesaat api sudah berhenti, Bambang pun masuk mengecek lokasi kejadian. Namun matanya kemudian tertuju pada lembaran kertas yang masih bersih. Tidak terkena abu maupun terlihat bekas hangus.

"Saya lihat, kok ada kertas itu? Saya dekati. Loh ternyata Alquran," tuturnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (1/3).

2. Posisi Alquran dalam keadaan terbuka

Sebuah Alquran Utuh dalam Kebakaran yang Hanguskan 7 Rumah di SurabayaKebakaran Kompleks Asrama Kodam V Brawijaya, Jalan Kesatrian, Sabtu (29/2). (Dok Dinas PMK Kota Surabaya)

Bambang pun meraih Alquran itu dengan penuh keheranan. Posisi Alquran dalam keadaan terbuka. Sementara sampulnya pun tak tersentuh api. Hanya beberapa bagian di samping kitab suci umat Islam itu saja yang terbakar.

"Padahal kan seharusnya kalau kena radiasi panas, kertas itu terbakar. Ini bukan hanya radiasi panas, tapi ada api juga. Kok tidak terbakar?" ujar Bambang menirukan pertanyaan batinnya saat itu.

Baca Juga: Kebakaran, Pihak Pondok Gontor 2 Ponorogo Rugi Rp150 Juta  

3. Seluruh benda di sekitar Alquran hangus terbakar

Sebuah Alquran Utuh dalam Kebakaran yang Hanguskan 7 Rumah di SurabayaKebakaran Kompleks Asrama Kodam V Brawijaya, Jalan Kesatrian, Sabtu (29/2). (Dok Dinas PMK Kota Surabaya)

Ia pun menoleh ke sekitar tempat Alquran tersebut diletakkan. Tepat di sebelahnya, ada sebuah televisi yang hangus terbakar. Sementara meja tempat Alquran itu ditaruh, juga terbakar. Rumah itu pun berada di tengah-tengah kebakaran yaitu urutan ketiga dari total tujuh rumah yang dilalap si jago merah.

"TV aja kebakar loh. Ini kertas kok bisa gak kenapa-kenapa?" tanyanya.

4. Pemilik rumah diketahui gemar mengaji

Sebuah Alquran Utuh dalam Kebakaran yang Hanguskan 7 Rumah di SurabayaIlustrasi (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Setelah mengabadikannya melalui kamera handphone, Bambang kemudian meraih Alquran itu. Ia menyerahkannya ke pejabat RT setempat untuk diamankan kalau-kalau si pemilik Alquran mencarinya. Memang, Al-quran itu menjadi satu-satunya benda yang tak hangus di rumah tersebut.

"Lalu saya tanya, ini yang punya rumah suka ngaji ta? Ternyata memang benar, yang punya rumah suka ngaji," ungkap Bambang.

Baca Juga: Korsleting Listrik, Kebakaran Dealer di Surabaya Hanguskan Satu Motor

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya