Comscore Tracker

Ospek Unesa Viral, Senior Bentak-bentak Maba karena Tak Pakai Sabuk

Wah, masih zaman ya?

Surabaya, IDN Times - Para mahasiswa baru di Indonesia saat ini tengah menjalani orientasi studi dan pengenalan kampus alias ospek. Namun, ospek di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) malah menjadi viral di media sosial. Pasalnya, sebuah video terunggah di Twitter memperlihatkan mahasiswa senior yang sedang membentak mahasiswa baru (maba) lantaran tidak memakai sabuk.

1. Video ospek Unesa viral di Twitter

Ospek Unesa Viral, Senior Bentak-bentak Maba karena Tak Pakai SabukOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Video berdurasi 29 detik tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh akun Twitter @rafirizqu19 pada Jumat (14/9/2020), pukul 17.42 WIB. Hingga Selasa pagi (15/9/2020), video ini telah mendapatkan 3 juta penonton, 3.612 retweet, 4.149 quote retweet, dan 11,3 ribu penyuka. Video juga ilengkapi dengan logo Unesa serta keterangan subtitle PKKMB (Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) FIP Unesa 2020.

Pada video itu terlihat panitia memarahi seorang peserta lantaran tidak memakai sabuk. Uniknya, seluruh proses ini terjadi secara online. Ospek tersebut memang digelar secara virtual melalui Zoom.

"Ikat pinggangnya mana? Ikat pinggang diperlihatkan!" ujar seorang panitia laki-laki dalam video itu.

2. Bentakan-bentakan panitia membuat warganet emosi

Ospek Unesa Viral, Senior Bentak-bentak Maba karena Tak Pakai SabukUniversitas Negeri Surabaya (Unesa). Instagram/official_unesa

Peserta perempuan yang tidak memakai ikat pinggang itu pun hanya menjawab polos "gak ada kak." Bentakan-bentakan lainnya pun menyusul seusai sang mahasiswa baru meminta maaf.

"Gak dibaca tata tertibnya?" tutur seorang panitia perempuan berjilbab coklat.

Sontak video ini pun mendapatkan kecaman dari warganet. Mereka menilai bentakan-bentakan seperti ini merupakan bentuk perpeloncoan yang tidak baik dilakukan kepada mahasiswa baru. Berbagai respon diberikan oleh warganet sehingga topik "Maaf Maaf" "Unesa" dan "Ikat pinggang" menjadi trending topic di Twitter semalaman.

Baca Juga: Mahasiswa Kesulitan di Tengah Wabah Corona, UNESA Tiadakan Skripsi

3. Bentakan dilakukan untuk mendisiplinkan

Ospek Unesa Viral, Senior Bentak-bentak Maba karena Tak Pakai SabukSalah seorang Komdis FIP Unesa yang menjelaskan perannya di PKKMB. Screenshoot YouTube/FIP Unesa

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi baik dari pihak kampus maupun panitia ospek. Humas Unesa, Vinda Maya menjanjikan konferensi pers pada Selasa siang. Sementara Ketua BEM FIP Unesa M Nanda Anugrah sedang menjalani kuliah, sehingga tidak bisa dikonfirmasi.

Sementara itu, akun resmi FIP Unesa mengunggah sebuah video berisi klarifikasi komite disiplin (Komdis). Video yang diunggah pada 12 September 2020 itu berjudul "KOMDIS, Sosok yang paling ditakuti MABA | Inilah Wajah Aslinya". Diketahui ospek FIP Unesa memang telah berakhir dan para Komdis sudah memberikan penjelasan kepada para peserta.

"Kita tugasnya memang harus mendisiplinkan mahasiswa baru. Kita (mahasiswa) gak bisa seenaknya sendiri, harus punya sopan santun, ketepatan waktu yang nantinya harus diterapkan di kehidupan nyata," tutur mahasiswa yang diketahui sebagai Komdis, Arif Bagus.

Baca Juga: Curhat Mahasiswi Unesa, Rela Tahan Rindu Asal Keluarga Aman

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya