Comscore Tracker

Nenek Tewas Terjebak dalam Kebakaran, Diduga Terlambat Dilaporkan

Atap rumah sudah runtuh saat petugas pemadaman tiba

Surabaya, IDN Times - Kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Girilaya X, Surabaya, Selasa (3/10/2020) menewaskan seorang perempuan berusia lanjut. Diduga, nenek ini tewas lantaran keterlambatan pelaporan kebakaran hingga api sudah terlanjur membesar.

1. Api sudah besar dan atap rumah sudah rubuh saat petugas datang

Nenek Tewas Terjebak dalam Kebakaran, Diduga Terlambat DilaporkanPetugas pemadam kebakaran memadamkan api di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto menjelaskan ketika petugas pertama kali tiba di lokasi kejadian, api sudah besar. Bahkan, atap rumah sudah rubuh serta satu unit motor ikut terbakar di dalamnya hingga membuat jilatan api makin liar. Padahal, petugas pemadam kebakaran sudah tiba sesuai prosedur yaitu 7 menit.

"Laporan masuk di Command Center jam 06.47 WIB. Kami respons dari Pos Grudo dan TVRI tiba pada pukul 06.53 WIB. 6 menit sudah dilokasi, kondisi api sudah sangat besar dan kondisi atap sudah runtuh," jelas Dedik saat dihubungi IDN Times.

2. Warga mengatakan bahwa penghuni rumah sudah menyelamatkan diri

Nenek Tewas Terjebak dalam Kebakaran, Diduga Terlambat DilaporkanPetugas pemadam kebakaran memadamkan api di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Dedik melanjutkan, tindakan awal pemadaman api adalah menanyakan apabila ada orang yang masih terjebak di dalam obyek kebakaran. Warga sekitar pun menjawab bahwa penghuni rumah sudah menyelamatkan diri. Petugas pun langsung melanjutkan proses pemadaman yang cukup sulit itu.

"Info dari warga sudah keluar dari pintu belakang, karena pintu belakangnya ada tembus ke rumah saudara. Sehingga, saat itu langsung fokus pemadaman," ungkapnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari AC

3. Ternyata Endang terjebak di dalam kamarnya

Nenek Tewas Terjebak dalam Kebakaran, Diduga Terlambat DilaporkanKebakaran di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Satpol PP Kota Surabaya

Namun setelah api padam dan berlanjut pada proses pembasahan, petugas malah menemukan adanya sesosok jenazah di dalam rumah tersebut. Rupanya ia adalah Endang Mucraeni (67), penghuni rumah yang tidak berhasil menyelamatkan diri. Tubuh Endang tertindih atap rumah yang sudah ambrol sejak petugas belum sampai di lokasi kejadian.

"Saat itu lah teman-teman petugas menemukan ada sosok jenazah yang tertindih dengan atap. Laporan kemudian ditemukan satu korban," tuturnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di Kamar

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya