Comscore Tracker

Layanan Ramp Check Gratis untuk Sekolah di Surabaya Sepi Peminat

Padahal bermanfaat loh

Surabaya, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memiliki program untuk menyelenggarakan ramp check atau inspeksi keselamatan gratis ke sekolah-sekolah. Tujuannya untuk menekan risiko kecelakaan akibat kondisi bus yang tidak layak. Biasanya, sekolah menyewa bus pariwisata untuk menyelenggarakan liburan bersama.

Sayangnya, layanan tersebut tak berjalan efektif. Dishub kesulitan untuk menjangkau sekolah-sekolah tersebut.

1. Padahal sekolah tinggal berkirim surat ke dishub

Layanan Ramp Check Gratis untuk Sekolah di Surabaya Sepi PeminatInspeksi keselamatan atau ramp check di terminal Purabaya, Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Budi Basuki menjelaskan, pihaknya dapat melakukan ramp check bus-bus pariwisata yang akan dikendarai oleh rombongan sekolah. Pemeriksaan kelayakan ini tak dipungut biaya apapun.

"Pihak sekolah hanya perlu bersurat kepada kami. Ditulis tanggal berapa berangkatnya. Nanti pagi hari sebelum berangkat, kami akan ke sekolah untuk mengecek kelaikan kendaraannya," ujar Budi saat ditemui di Terminal Purabaya, Selasa (17/12).

2. Bus layak jalan tak hanya dilihat dari fisik saja

Layanan Ramp Check Gratis untuk Sekolah di Surabaya Sepi PeminatKasi Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Dishub Surabaya Budi Basuki (kiri) bersama supir bus yang pulang karena kendaraannya tak laik, Santo saat ramp check di Terminal Purabaya, Selasa (17/12). IDN Times/Fitria Madia

Budi menambahkan, rombongan sekolah jarang memastikan kelaikan dari bus yang akan mereka kendarai. Padahal, pihak perusahaan bus tak selalu memenuhui standar layak jalan yang telah ditetapkan oleh Dishub Surabaya. Selain masalah teknis seperti kondisi ban, lampu, klakson, dan rem, ada pula kelengakapan yang seharusnya disediakan tiap bus seperti pemecah kaca, P3K, dan pemadam api.

"Selama ini kan pokoknya dilihat saja mulus begitu langsung mau. Padahal kan mulus tidaknya itu tidak menentukan kondisi teknis dari bus," tuturnya.

Baca Juga: Dishub Jatim Pastikan Armada Angkutan Libur Nataru Tersedia

3. Jarang sekolah yang memanfaatkan layanan ramp check gratis

Layanan Ramp Check Gratis untuk Sekolah di Surabaya Sepi PeminatInspeksi keselamatan atau ramp check di terminal Purabaya, Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Layanan ramp check gratis yang disediakan oleh Dishub pun selama ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh sekolah-sekolah di Surabaya. Pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019, belum ada sekolah yang mengajukan permintaan ramp check.

"Tahun kemarin cuma 3-4 sekolah. Gak sampai 10 pokoknya. Padahal sekolah di Surabaya kan banyak sekali. SD-nya saja ratusan," ungkapnya.

4. Telah sosialisasikan lewat Dinas Pendidikan

Layanan Ramp Check Gratis untuk Sekolah di Surabaya Sepi PeminatInspeksi keselamatan atau ramp check di terminal Purabaya, Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sebagai upaya sosialisasi, Dishub Surabaya selalu memberikan surat pemberitahuan ke Dinas Pendidikan Surabaya agar diteruskan ke sekolah-sekolah. Harapannya, sekolah bisa mengetahui informasi ramp check gratis ini agar kecelakaan dapat dicegah dan liburan sekolah lebih nyaman.

"Kalau ada sekolah yang belum tahu, bisa tanya di Dindik, ya. Nanti tinggal bersurat saja ke kami. Ini adalah layanan kami kepada masyarakat untuk menekan angka kecelakaan," pungkasnya.

Baca Juga: Ramp Check Jelang Nataru, Satu Bus Tak Layak Dipulangkan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya