Jejak Video Call Jadi Bukti Dugaan Pelecehan Seksual Dosen Unesa

Bukti-bukti kekerasan seksual oleh dosen H mulai terkumpul

Surabaya, IDN Times - Proses investigasi yang dilakukan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terhadap dugaan kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus terus berlanjut. Bukti-bukti atas pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang dosen berinisial H ini pun mulai terkumpul dari para korban.

Baca Juga: Dosen Unesa Diduga Lecehkan Mahasiswa, Cium Korban Saat Bimbingan

1. Bukti-bukti dari para korban mulai terkumpul

Jejak Video Call Jadi Bukti Dugaan Pelecehan Seksual Dosen UnesaKonferensi pers kasus dugaan kekerasan seksual oleh dosen Unesa. (IDN Times/Fitria Madia)

Ketua Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Dr Mutimmatul Faida menerangkan, proses investigasi terhadap dosen Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Humum (FISH) ini berlangsung dengan hati-hati. Pihaknya mengumpulkan berbagai bukti-bukti untuk memastikan apakah dugaan kekerasan seksual tersebut benar-benar terjadi.

"Kita menggunakan prinsip cepat dan tepat, tapi tidak gegabah. Bukti-bukti dari penyintas juga sudah dikumpulkan untuk menguatkan laporan," ujar Mutimmatul, Selasa (11/1/2022).

2. Pengumpulan bukti sempat terkendala

Jejak Video Call Jadi Bukti Dugaan Pelecehan Seksual Dosen UnesaIlustrasi penyelidikan. (Pixabay.com/geralt)

Pengumpulan bukti ini, lanjut Mutimmatul sempat mengalami kendala. Beberapa korban sebenarnya sempat melaporkan kejadian pelecehan seksual pada tahun 2020. Namun, laporan ini tak sempat dilanjutkan karena korban fokus menyelesaikan skripsi dan kelulusannya.

"Kemudian, saat ini penyintas sudah bisa mengumpulkan bukti-buktinya," imbuhnya.

3. Chat dan panggilan video jadi bukti

Jejak Video Call Jadi Bukti Dugaan Pelecehan Seksual Dosen UnesaPexels.com/Anton

Ketua Satuan Kehumasan Unesa, Vinda Maya Setianingrum menambahkan, beberapa bukti sudah didapatkan dari para korban terutama mengenai bukti-bukti chat dari dosen H kepada para korbannya. Selain itu, hasil klarifikasi dari dosen H dengan tim investigasi juga dijadikan salah satu bukti.

"Selain chat tentu adalah proses wawancara itu, tanya jawab," imbuh Vinda.

4. Dosen H akui sering video call mahasiswi-mahasiswinya

Jejak Video Call Jadi Bukti Dugaan Pelecehan Seksual Dosen Unesaunplash/Gabrielbenois

Dalam proses wawancara ini, tim meminta klarifikasi dosen H mengenai berbagai dugaan yang ditudingkan kepadanya. Salah satu dugaan yaitu dosen H kerap melakukan panggilan video kepada para mahasiswinya. Rupanya, dugaan ini diakui oleh dosen H.

"Memang satu di antaranya misalkan yang video call itu memang diakui," sebut Vinda.

Sebelumnya, kasus ini mencuat saat dibeberkan oleh akun anonim di Instagram, @dear_unesacatcallers. Dosen H dilaporkan melecehkan setidaknya 3 korban. Salah seorang korban mengaku dicium saat melakukan bimbingan skripsi pada tahun 2020. Sedangkan korban lainnya mengaku mendapatkan panggilan video dari dosen H dan ketika diangkat, dosen H dalam posisi tanpa busana atas.

Baca Juga: Terduga Dosen Cabul Unesa Diberhentikan Sementara

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya