Gokil! Pria di Surabaya Ini Tukar Mobil CRV untuk Burung Lovebird

Burung yang diinginkan adalah jenis baru

Surabaya, IDN Times - Seorang pria di Kota Surabaya rela menukarkan mobil tipe Honda CRV untuk sepasang burung lovebirds. Ia sudah lama mengincar burung dengan motif langka itu. Mobil seharga Rp125 juta pun rela dilepaskan demi sepasang burung warna-warni.

1. Didik tukar mobil dengan sepasang burung

Gokil! Pria di Surabaya Ini Tukar Mobil CRV untuk Burung Lovebirdhonda-indonesia.com

Pria yang rela menukar mobil dengan burung itu adalah Didik Saputro alias Kaji Gondrong (39). Ia adalah pemilik warung makanan laut atau yang lebih dikenal sebagai sari laut. Pria asal Lamongan ini mengaku sudah lama mengincar sepasang burung lovebird jenis Split Yellow Face (YF).

"Saya hobi memelihara sekaligus pecinta burung terutama yang memiliki corak warna yang bagus. Sehingga saya berani menukar CRV dengan split YF ini," ujar Didik, Sabtu (29/5/2021).

2. Burung yang dibeli merupakan jenis baru

Gokil! Pria di Surabaya Ini Tukar Mobil CRV untuk Burung LovebirdLovebird jenis Yellow Face yang ditukar dengan mobil Honda CRV. Dokumentasi Istimewa

Didik menjelaskan, burung yang ia tukar dengan mobil bukan sembarang burung.  Sepasang burung tersebut merupakan jenis Lovebird Split Yellow Face. Jenis ini tak banyak ditemui baik di Indonesia, bahkan di Australia, tempatnya berasal. Untuk memperoleh varian burung tersebut perlu dilakukan persilangan dengan perhitungan yang matang.

"Saya punya berbagai macam. Cuma satu ini susah dicarinya dan proses pembentukannya, pun, melalui proses yang panjang dengan kawin silang jenis-jenis tertentu," tuturnya.

Baca Juga: Setia Sampai Mati, Ini 6 Fakta Unik Lovebird yang Bikin Terharu

3. Rencananya akan diternak

Gokil! Pria di Surabaya Ini Tukar Mobil CRV untuk Burung LovebirdDidik (kiri) pria Surabaya yang rela menukar mobil Honda CRV nya dengan Lovebird. Dokumentasi Istimewa

Selain berbisnis di bidang kuliner, Didik juga merupakan pencinta burung sejak tahun 2011. Ia turut ikut mengembangbiakkan burung dan membesarkan peranakannya untuk kemudian dijual dengan harga tinggi. Sepasang burung ini pun rencananya akan ia kawinkan hingga bisa menghasilkan anak.

"Kategori masih sedikit karena hanya ada beberapa ekor saja. Makanya saya berani menukar mobil saya. Harapannya nanti bisa diternak dan menghasilkan," ungkapnya.

Burung ini ia beli dari seorang perempuan bernama Elly Susilowati. Warga Sukomanunggal itu mengaku sempat berat untuk melepaskan sepasang burung kesayangannya. Ia juga pernah mendapat tawaran serupa namun ditolak. Akhirnya, ia mempercayakan dua burung itu di tangan Didik.

"Ini hasil ternak sendiri. Ini perawatan satu tahun, kalau dulu pernah di tawar tapi belum pengin melepas tapi sesama pecinta saya tahu jadi saya yakin burung ini bisa terawat dengan bapak Didik," sebutnya.

Baca Juga: Kejar Lovebird yang Lepas, Martin Tersengat Listrik Sampai Terbakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya