Erupsi Semeru Tak Ganggu Perjalanan Kereta Api dari Daop 8

Rel aman dan jarak pandang masinis masih normal

Surabaya, IDN Times - Bencana erupsi Gunung Merapi yang terjadi di Kabupaten Lumajang dipastikan tidak mengganggu moda transportasi kereta api. Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) memantau secara langsung di lokasi untuk memastikan kondisi lalu lintas kereta api.

1. Perjalanan ke Daop 9 Jember tidak terganggu erupsi Gunung Semeru

Erupsi Semeru Tak Ganggu Perjalanan Kereta Api dari Daop 8Ilustrasi kereta api (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menuturkan bahwa guguran awan panas Gunung Semeru yang terjadi sejak Sabtu (4/12/2021) tidak mengganggu pelayanan kereta api dari stasiun-stasiun Daop 8 Surabaya menuju Daop 9 Jember. Hingga Selasa (7/12/2021), seluruh perjalanan kereta api masih bisa beroperasi dengan baik.

"Sebanyak 14 perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Daop 9 Jember tidak mengalami gangguan operasional," ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Pasokan BBM dan LPG di Lumajang Aman

2. Daftar 14 perjalanan yang tak terganggu

Erupsi Semeru Tak Ganggu Perjalanan Kereta Api dari Daop 8IDN Times/Holy Kartika

Luqman merinci, 14 perjalanan tersebut terdiri dari 7 relasi bolak-balik. Seluruh kereta api jarak jauh dari dan ke Daop 9 Jember masih bisa mengantarkan para penumpang. Awan yang mengandung abu vulkanik juga belum berdampak parah pada perjalanan kereta api.

"Jarak pandang masinis masih baik dan tidak ada jalur KA yang terganggu akibat erupsi Gunung Semeru," tuturnya.

Berikut 14 perjalanan kereta api dari dan menuju Daop 9:

KA Probowangi relasi Surabaya - Ketapang PP,
KA Tawangalun relasi Malang Kota Lama - Ketapang PP,
KA Sritanjung relasi Ketapang - Surabaya - Yogyakarta PP,
KA Mutiara Timur relasi Ketapang - Surabaya - Yogyakarta PP,
KA Logawa relasi Jember - Surabaya - Purwokerto PP,
KA Ranggajati relasi Jember- Surabaya - Cirebon PP, dan
KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang - Surabaya - Cilacap PP.

3. PT KAI serahkan bantuan senilai Rp60 juta

Erupsi Semeru Tak Ganggu Perjalanan Kereta Api dari Daop 8Warga melihat material awan panas erupsi Gunung Semeru yang mengalir di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Selain itu, Luqman mengatakan bahwa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Bantuan yang diserahkan adalah 3 unit Toilet Portable dan Paket Sembako dengan nilai total bantuan sebesar Rp60 juta.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian KAI untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Paket sembako yang diserahkan berisi mie instan, popok, kornet, biskuit, susu, dan air mineral untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Deputy EVP Daop 8 Surabaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) Mariyanto kepada Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik BPBD Kota Malang Cornellia Selvyana Ayoe yang diwakili oleh Aziz Wijaya selaku Pusdalops Penanggulangan Bencana Kota Malang di Balai Kota Malang.

"Semoga bantuan yang diberikan oleh KAI dapat bermanfaat dan masyarakat terdampak dapat selalu diberikan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini," tutup Luqman.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Berdampak pada Layanan Seluler Warga

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya