Eri Cahyadi Janjikan Insentif Ketua RT dan RW Naik Dua Kali Lipat

Jika nanti terpilih jadi Wali Kota Surabaya

Surabaya, IDN Times - Jika Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin menjanjikan akan memberikan anggaran Rp150 juta per RT, beda halnya dengan Cawali nomor urut 1, Eri Cahyadi. Eri berencana akan menaikkan insentif Ketua RT, RW, dan LPMK menjadi dua kali lipat jika ia terpilih.

1. Sebut peran RT, RW, dan LPMK vital

Eri Cahyadi Janjikan Insentif Ketua RT dan RW Naik Dua Kali LipatBacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftarkan diri di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Eri menjelaskan bahwa dipemerintahan, peranan RT, RW, dan LPMK amat penting. Mereka merupakan pihak yang paling dekat dengan warga. Oleh karena itu, keberadaan mereka cukup vital dan patut diapresiasi lebih.

“Saya tahu betul bagaimana peran RT, RW dan para kader kesehatan di Surabaya. Mereka adalah pemimpin sejati. Tidak mungkin wali kota itu memiliki mata sampai melihat ke bawah. Tidak pula bisa mendengar sampai bawah. Sehingga kepanjang tanganan wali kota adalah para RT RW ini,” ujarnya, Sabtu (14/11/2020).

2. Naikkan insentif jadi dua kali lipat

Eri Cahyadi Janjikan Insentif Ketua RT dan RW Naik Dua Kali LipatProses pendaftaran Bacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Tidak tanggung-tanggung, Eri berencana menaikkan intensif mereka dua kali lipat. Rinciannya, ketua RT dari sebelumnya Rp500 ribu akan dinaikkan menjadi Rp1 juta. Kemudian untuk ketua RW dari Rp600 ribu dinaikkan menjadi Rp1,250 juta dan ketua LPMK dari Rp700 ribu dinaiikan sebesar Rp1,4 juta.

"Peran mereka sangat vital di masyarakat. Mereka adalah sosok pemimpin sejati untuk kemajuan Kota Pahlawan," tuturnya.

Baca Juga: Gaet Pengusaha, Eri Cahyadi Janji Jadikan Surabaya Kota Ramah Bisnis

3. Berikan asuransi BPJS

Eri Cahyadi Janjikan Insentif Ketua RT dan RW Naik Dua Kali LipatBacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftarkan diri di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Selain menaikkan insentif, Eri juga menjanjikan jaminan kesehatan berupa BPJS Kesehatan bagi para Ketua RT, RW, dan LPMK. Pembayaran BPJS kesehatan memang merupakan salah satu program unggulan Eri untuk merebut hati masyarakat Kota Surabaya.

"Beliau-beliau adalah garda terdepan pelayanan publik. Mereka melayani warga dengan sepenuh hati. Meski tidak berharap materi, tapi izinkan kami menyampaikan apresiasi," ungkapnya.

4. Sediakan aplikasi layanan terpadu

Eri Cahyadi Janjikan Insentif Ketua RT dan RW Naik Dua Kali LipatCalon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Eri juga menjanjikan pelayanan masyarakat yang lebih mudah menggunakan teknologi. Ia mengaku telah menyiapkan aplikasi layanan terpadu sehingga warga yang ingin mengurus urusan administrasi tidak perlu datang ke Kantor Kelurahan/Kecamatan lagi.

“Cukup lewat aplikasinya RT masuk, nanti dikirim lagi, oleh RT nanti silakan diambil ke kelurahan. Ini nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi yang sudah ada selama ini di Pemkot Surabaya, mulai dari Puskesmas dan sebagainya termasuk akan terkoneksi semuanya di Command Center 112," tutupnya.

Baca Juga: Bakal Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Resmi Jadi Kader PDIP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya