CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi Peminat

Ayo para calon guru segera daftar CPNS

Surabaya, IDN Times - Formasi terbanyak dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Surabaya adalah di bidang tenaga pendidikan. Namun sayangnya, bidang ini malah sepi peminat. Untung saja pendaftaran CPNS Pemkot Surabaya diperpanjang hingga Kamis (28/11).

1. Formasi terbanyak malah sepi peminat

CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi PeminatIDN Times/Sukma Shakti

 

Di CPNS Pemkot Surabaya 2019, terdapat tiga bidang yang dibuka oleh Pemkot Surabaya yaitu 171 formasi tenaga kesehatan, 106 tenaga teknis, dan 428 tenaga pendidikan. Namun sayangnya, pendaftaran yang paling diminati malah formasi paling sedikit yaitu tenaga teknis.

"Sebenarnya jumlahnya hampir merata. Tapi ya memang paling banyak di tenaga teknis," ujar Kabid Pengembangan dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya, Henry Rahmanto ketika dihubungi wartawan Selasa (26/11).

2. Baru ada 1.800 pendaftar yang submit

CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi Peminat(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Henry mengatakan, hingga Selasa (26/11) petang telah ada sekitar 7.300 orang yang mengisi formulir pendaftaran CPNS. Namun baru ada 1.800-an orang yang telah menyelesaikan pendaftaran atau submit.

"Tapi kita tidak bisa melihat satu per satu pendaftar tiap formasinya. Karena aplikasinya berbeda dari tahun kemarin," tuturnya.

Baca Juga: Ada 3,2 juta Pendaftar CPNS, Paling Banyak di Kemenkumham

3. Pendaftar dirasa sepi

CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi PeminatIlustrasi. IDN Times/Irma Yudistirani

Jumlah pendaftar pada tahun ini juga dirasa Henry cukup sepi. Dengan jumlah formasi 705, baru ada 1.800-an pendaftar yang berarti tingkat persaingan tak terlalu tinggi. Jumlah ini tentu jauh dibandingkan tahun 2018 dengan 442 formasi menarik peminat hingga 2.423 pendaftar terverifikasi.

"Karena tahun ini serentak ya, nasional. Jadi pendaftarnya juga tersebar di daerah-daerah lain," jelas Henry memperkirakan alasan menurunnga jumlah pendaftar.

4. Bukan alasan perpanjangan pendaftaran

CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi PeminatIDN Times/Sukma Shakti

Namun Henry menegaskan, sepinya peminat CPNS terutama di formasi tenaga pendidikan bukan menjadi alasan diperpanjangnya waktu pendaftaran CPNS. Ia menegaskan bahwa pengunduran penutupa pendaftaran bertujuan untuk menampung partisipasi masyarakat.

"Alasannya tetap itu ya. Karena kami ingin memberi kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendaftar. Jadi waktu pendaftarannya diperpanjang," pungkasnya.

Baca Juga: Buruan Daftar! Pendaftaran CPNS Pemkot Surabaya 2019 Diperpanjang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya