3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu Rumah

Total sementara ada 17 korban jiwa

Surabaya, IDN Times - Jumlah korban tewas akibat erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Di tengah potensi cuaca buruk, Tim SAR gabungan mengevakuasi 3 jenazah yang tertimbun abu vulkanik di Kampung Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

1. Tiga jenazah berhasil ditemukan

3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu RumahProses pencarian jenazah tertimbun material erupsi Gunung Merapi. Dok. Basarnas Surabaya.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Surabaya, I Wayan Suyatna menuturkan bahwa, para petugas terus memaksimalkan pencarian korban hilang dari erupsi Gunung Semeru meski sempat dihentikan sementara akibat potensi cuaca buruk. Pencarian ini pun membuahkan hasil yaitu ditemukannya 3 jenazah.

"Hingga pukul 11.08 WIB tim SAR gabungan telah mengevakuasi 3 jenazah di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro," ujar Wayan, Senin (6/12/2021).

2. Tiga jenazah ditemukan dalam satu rumah

3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu RumahIlustrasi autopsi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Tiga jenazah ini ditemukan di lokasi yang sama, yaitu sebuah rumah. Rumah tersebut sudah tertimbun material abu vulkanik dan bekas lahar dingin setinggi 1 meter. Informasinya, terdapat 7 orang di rumah ini. Namun hanya 3 jenazah yang ditemukan.

"Ketiga jenazah ditemukan di satu lokasi yang sama," tutur Wayan.

3. Pencarian terkendala pasir yang tebal dan panas

3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu RumahTim SAR saat berupaya melakukan pencarian Senin (6/12/2021) pagi. (dok. Basarnas Surabaya)

Selain cuaca buruk yang berpotensi membahayakan para petugas, proses penarian korban hilang ini juga masih sulit lantaran tingginya material pasir dan bekas lahar dingin. Material ini juga masih panas dan semakin panas ketika digali lebih dalam.

"Semakin dalam semakin terasa panas. Proses evakuasi dilakukan dengan sangat hati-hati," ungkapnya.

Setelah berhasil diselamatkan, jenazah dibawa ke RSUD dr. Haryoto Lumajang untuk proses identifikasi. Sementara itu, SAR Surabaya mencatat telah ada 17 korban jiwa dari bencana erupsi Gunung Merapi ini. 12 orang ditemukan meninggal di lokasi, sementara 5 sisanya meninggal saat dirawat di rumah sakit.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya