Wawali Probolinggo Dimakamkan di Pemakaman Keluarga

Ia meninggal karena COVID-19 tadi pagi

Probolinggo, IDN Times - Jenazah Wakil Wali Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri akhirnya dimakamkan Rabu, (9/12/2020). Kepala Dinas Kominfo Kota Probolinggo Aman Suryaman mengatakan, jenazah sempat disemayamkan di Kantor Pemkot untuk menjalani penghormatan terakhir. "Pemakamannya tadi pukul 13.00 WIB, ini baru saja proses pelepasan," ujarnya melalui pesan singkat, kepada IDN Times.

1. Dimakamkan di pemakaman keluarga

Wawali Probolinggo Dimakamkan di Pemakaman KeluargaInstagram.com/probolinggoimpressive

Menurut Aman, jenazah Subri dimakamkan di pemakaman khusus keluarga. "Lokasinya berada di Kelurahan Kebonsari Kulon, Kota Probolinggo," ujarnya. Selain keluarga proses pemakaman, lanjut dia, juga diikuti oleh warga setempat. 

Aman mengatakan, Subri yang meninggal karena COVID-19 sempat dirawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya sejak tanggal 22 November 2020. Ia pertama kali mengeluh demam pada 11 November lalu sepulang dari perjalanan dinas di Bandung. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, pihak RSUD dr Mohamad Saleh menyatakan tak ada masalah. 

2. Ia mulai dirujuk ke Surabaya sejak 22 November 2020

Wawali Probolinggo Dimakamkan di Pemakaman KeluargaDokumentasi Pemkot Probolinggo

Namun, pada 20 November, ia kembali mengeluh demam. Subri kemudian menjalani swab antigen dan dinyatakan positif COVID-19. Dua hari setelahnya, ia pun langsung dirujuk ke RSUD. Dr. Soetomo Surabaya. 

“Semua terapi sudah diberikan selama menjalani perawatan di sana, pemasangan ventilator hingga ECMO (Extracorporeal Membrane Oxygenation) sesuai persetujuan keluarga,” jelasnya. Namun takdir berkata lain. Proses infeksi yang sangat cepat pun membuatnya harus mengembuskan nafas terakhir tadi pagi pukul 06.30 WIB.

Baca Juga: Wawali Probolinggo Meninggal karena COVID-19, Khofifah: Kita Berduka!

3. Gubernur merasa kehilangan

Wawali Probolinggo Dimakamkan di Pemakaman KeluargaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka cita atas meninggalnya Wawali Probolinggo. Dia juga membenarkan bahwa mendiang tutup usia karena COVID-19. Hanya saja, dia tidak menjelaskan secara rinci apakah almarhum punya komorbid atau murni infeksi virus SARS CoV-2.

"Hari ini kita berduka atas wafatnya Wakil Wali Kota Probolinggo yang sudah dirawat beberapa hari di RSUD dr Soetomo karena COVID-19," katanya saat ditemui usai mencoblos di TPS 25, Jemursari, Surabaya.

Baca Juga: Wawalkot Probolinggo Meninggal karena COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya