Comscore Tracker

Seorang Wanita di Bojonegoro Melahirkan di Dalam Bus Antar Kota

Belum sampai Puskesmas terdekat, bayi sudah lahir

Bojonegoro, IDN Times - Seorang wanita asal Bojonegoro melahirkan di dalam bus jurusan Surabaya - Bojonegoro, Selasa (30/6). Bus yang sedianya berangkat menuju Bojonegoro itu pun terpaksa berhenti di Puskesmas Kecamatan Baureno, Bojonegoro.

1. Berawal dari perut mulas

Seorang Wanita di Bojonegoro Melahirkan di Dalam Bus Antar KotaDok. Istimewa

Belakangan diketahui bahwa perempuan yang yang melahirkan itu bernama Siti Wijayanto (29). Ia merupakan warga Tuban yang hendak pergi ke Surabaya. Saksi mata yang juga dokter magang di Puskesmas Baureno, Latifatul Choirunisa (25) mengatakan bahwa awalnya Siti mengaku hendak ke Surabaya untuk mengantarkan sepupunya. 

"Sampai Babat, Lamongan, perutnya mulas," kata Nisa, kepada IDN Times, pada Senin (30/6). Tapi, karena perutnya mulas dia memutuskan turun di tengah jalan, tepatnya di daerah Babat, Lamongan. Ia kemudian mencari bus kembali menuju ke Bojonegoro. 

2. Sebelum sampai Puskesmas, bayi keburu lahir

Seorang Wanita di Bojonegoro Melahirkan di Dalam Bus Antar KotaIlustrasi (pixabay.com)

Namun, saat perjalanan balik itu, Siti merasakan kontraksi hebat. Sopir dan kondektur kemudian memutuskan mencari Puskesmas terdekat. Tak sempat mendapat pertolongan, sang bayi akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan di dalam bus. Sesampainya di Puskesmas, petugas langsung mengevakuasi mereka. 

"Busnya berhenti di depan Puskesmas tadi sekitar pukul 08.15 WIB. Petugas puskesmas pun langsung memberikan pertolongan pertama," katanya. 

Baca Juga: Kondisi Napi Bojonegoro yang Positif COVID-19 Berangsur Membaik

3. Bayi dan ibu selamat

Seorang Wanita di Bojonegoro Melahirkan di Dalam Bus Antar Kotaunsplash.com

Bayi perempuan yang dilahirkan Siti bersama ibunya langsung dibawa ke dalam puskesmas untuk mendapatkan perawatan. "Alhamdululillah semuanya sehat. Bayinya perempuan memiliki berat 3,5kg dan panjang 50cm," kata Nisa. 

Menurut Nisa, sebenarnya kandungan Siti belum masuk perkiraan hari kelahiran. Alasan itulah yang membuat Siti berani berangkat ke Surabaya. 

Baca Juga: 10 Perjuangan Kehamilan Tasya Farasya hingga Melahirkan Anak Pertama

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya