RSUD Dr Iskak Tulungagung Terima 3 Pasien Baru Terduga Corona

Satu pasien rujukan, dua pasien inisiatif periksakan diri

Tulungagung, IDN Times - RSUD Dr Iskak Tulungagung menerima 3 pasien baru terduga virus corona atau COVID-19. Ketiga pasien tersebut mulai masuk sejak kemarin Selasa (17/3) dan tadi pagi, Rabu (18/3).

Mereka langsung dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Hingga saat ini sudah ada 4 pasien terduga virus corona yang dirawat. Mereka terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan. Dua pasien diketahui berasal dari Tulungagung, sedangkan dua lainnya dari Blitar dan Pacitan.

1. Ada yang pulang umrah, ada juga perawat medis

RSUD Dr Iskak Tulungagung Terima 3 Pasien Baru Terduga CoronaRuang isolasi RSUD Dr Iskak, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto menjelaskan, para pasien baru ini mempunyai riwayat berbeda. Seorang di antara merea baru saja pulang umrah. Satu pasien lagi mengalami batuk dan pilek usai berkunjung ke rumah tetangganya yang baru pulang dari salah satu negara terpapar virus corona yakni Hongkong. Sedangkan satu pasien lain merupakan perawat medis yang mengeluhkan batuk dan pilek usai merujuk seorang pasien terduga corona.

"Dua pasien, yakni seorang perawat dan seorang yang baru pulang umrah berinisiatif memeriksakan diri dan langsung kami isolasi. Sedangkan satu pasien merupakan rujukan dari rumah sakit lain di wilayah Tulungagung," jelasnya, Rabu (18/3).

2. Dua pasien alami gejala pneumonia

RSUD Dr Iskak Tulungagung Terima 3 Pasien Baru Terduga CoronaPasien terduga corona dirawat di RSUD Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Supriyanto melanjutkan, dari total 4 pasien terduga virus corona yang dirawat, dua di antaranya mengalami gejala pneumomnia. Sedangkan dua lainnya hanya gejala batuk flu biasa.

Pihak rumah sakit juga telah mengambil sampel swab tenggorokan setiap pasien untuk dilakukan uji laboratorium. Hasilnya diperkirakan akan keluar dalam empat hari kedepan. "Mereka kami isolasi di ruang yang sudah disiapkan," lanjutnya.

Baca Juga: Antisipasi Corona, RSUD Dr Iskak Tulungagung Hapus Jam Besuk Pasien

3. Tunggu hasil uji lab pasien asal Pacitan

RSUD Dr Iskak Tulungagung Terima 3 Pasien Baru Terduga CoronaDirektur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto, IDN Times / istimewa

Sementara itu, pihak rumah sakit saat ini masih menunggu hasil uji laboratorium sampel swab milik pasien asal Pacitan. Pasien ini mulai dirawat sejak Jumat malam (13/3). Meskipun begitu, kondisi pasien tersebut berangsur membaik.

"Untuk pasien asal Pacitan kami masih menunggu hasil uji laboratorium untuk langkah selanjutnya," sebut Supriyanto.

Baca Juga: RSUD dr Iskak Tulungagung Terima Pasien Terduga Corona dari Pacitan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya