Comscore Tracker

Berkas Lengkap, Dua Orang Berebut Kursi Wabup Tulungagung

Mereka akan dipilih oleh anggota DPRD

Tulungagung, IDN Times - Panitia Khusus Pemilihan (Pansuslih) Wakil Bupati Tulungagung mengesahkan Gatut Sunu Wibowo dan Panhis Yody Wirawan sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) sisa periode 2018-2023. Pengesahan ini dilakukan melalui rapat paripurna di DPRD setempat.

Sebelumnya, mereka telah menerima berkas pendaftaran kedua calon tersebut. Mereka lalu melakukan verifikasi terhadap berkas dan dinyatakan sudah lengkap. Setelah penetapan ini, mereka akan berebut suara anggota DPRD Tulungagung melalui sistem pencoblosan.

1. Calon dari PDIP dapat nomor urut 1

Berkas Lengkap, Dua Orang Berebut Kursi Wabup TulungagungNomor urut Cawabup Tulungagung. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Ketua Pansuslih DPRD Tulungagung, Suprapto menerangkan, penetapan Cawabup ini dilakukan setelah semua berkas dinyatakan sah dan tidak ada kekurangan. Setelah ditetapkan para Cawabup yang diwakili oleh partai pengusung, mereka langsung mengikuti pengundian nomor urut.

Dalam pengundian ini, Cawabup Gatut Sunu Wibowo yang diusung oleh PDIP memperoleh nomor urut 1. Sedangkan Cawabup Panhis Yody Wirawan dari Partai Nasdem mendapatkan noor urut 2. "Tadi sekalian setelah ditetapkan kita langsung lakukan pengundian nomor, dan hasilnya dari PDIP nomor 1 dan Nasdem 2," ujarnya, Sabtu (04/9/2021).

2. Segera cetak surat suara dan persiapan teknis lain

Berkas Lengkap, Dua Orang Berebut Kursi Wabup TulungagungProses pengundian nomor urut Cawabup Tulungagung. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Pengundian nomor ini menjadi salah satu landasan untuk mencetak surat suara. Setelah tahapan ini Pansuslih akan segera menyiapkan ragam logistik pemilihan wakil bupati. Selain surat suara, mereka juga akan menyiapkan bilik dan kotak suara.

Selain itu, para Cawabup ini akan memaparkan visi dan misi nya pertengahan bulan ini. "Setelah visi dan misi dipaparkan besoknya akan kita lakukan pemilihan," jelasnya.

3. Dua Cawabup kompak tidak permasalahkan nomor

Berkas Lengkap, Dua Orang Berebut Kursi Wabup TulungagungCawabup Tulungagung dengan nomor urutnya. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Sementara Cawabup Gatut Sunu Wibowo mengaku tidak mempermasalahkan nomor urut yang diperolehnya. Menurutnya nomor urut 1 maupun 2 sama baik. Hal senada juga diungkapkan oleh Cawabup Panhis Yody Wirawan. Notaris senior ini menganggap semua nomor itu baik.

"Jadi kamu mau mendapatkan nomor urut 1 atau 2 itu sama saja, yang penting kondisi politik di Tulungagung tetap terjaga," tutur Panhis.

Baca Juga: Polisi Dalami Kasus Wayangan Anggota DPRD Tulungagung

4. Dua partai berhak isi jabatan Wakil Bupati

Berkas Lengkap, Dua Orang Berebut Kursi Wabup TulungagungPansuslih memberikan selamat ke Cawabup Tulungagung. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Sebelumnya hanya ada dua partai saja yang berhak mengisi jabatan Wakil Bupati Tulungagung sisa periode 2018-2023. Kedua partai tersebut adalah PDIP dan Nasdem. Mereka merupakan pengusung pasangan Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo yang terpilih dalam Pilkada 2018 lalu. Jabatan ini sudah kosong sejak Maryoto Birowo secara resmi menggantikan Syahri Mulyo yang terjerat kasus korupsi pada 2018 lalu.

Baca Juga: Ribuan Warga Tulungagung Berebut Cari Ikan Mabuk di Sungai

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya