Wisata Bahari Banyuwangi Punya Paddle Board yang Perlu Kamu Coba

Kalau hanya snorkeling atau diving sudah biasa

Banyuwangi, IDN Times - Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, kini bisa menikmati permainan paddle board. Para pecinta olahraga air bisa menjajalnya di kawasan wisata bahari Bangsring Underwater dan Pantai Grand Watudodol.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata RI memberikan bantuan 10 stand up paddle board untuk meningkatkan wisata bahari Banyuwangi. Paddle board tersebut diserahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada pengelola wisata bahari pada 27 Juli 2019 lalu.

1. Pengalaman Bupati Anas bersama keluarga mencoba bermain paddle board

Wisata Bahari Banyuwangi Punya Paddle Board yang Perlu Kamu CobaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun langsung mencoba permainan itu di wisata Bangsring Underwater. Anas menikmati bermain paddle board.

"Itu pertama kalinya saya mencoba papan ini. Ternyata asyik juga. Saya putar-putar rumah apung, lumayan satu jam lebih main paddle board sama keluarga," kata Anas.

2. Adanya paddle board melengkapi sarana destinasi wisata bahari di Banyuwangi

Wisata Bahari Banyuwangi Punya Paddle Board yang Perlu Kamu CobaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Anas mengatakan papan paddle adalah upaya untuk meningkatkan destinasi wisata bahari di Banyuwangi. Alat yang tengah digemari para pecinta olahraga air ini akan menambah alternatif wahana air.

"Selain diving dan snorkeling, kini di Bangsring kita bisa menikmati permainan ini. Terima kasih kepada Kemenpar yang terus mendorong pengembangan pariwisata di Banyuwangi," kata Anas. 

Paddle board ini pernah dimainkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pantai Bangsring Banyuwangi saat membuka Underwater Festival pada April 2019 lalu. Susi dengan lincahnya mengayuh stand up paddle board itu.

"Setelah itu, beliau juga berlibur kembali ke Banyuwangi, menikmati pantai-pantainya. Dari cerita Menteri Pariwisata, bantuan stand up paddle board ini sebenarnya merupakan permintaan khusus Ibu Susi setelah kedatangan beliau ke Banyuwangi," kata Anas.

3. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di Bangsring Underwater

Wisata Bahari Banyuwangi Punya Paddle Board yang Perlu Kamu CobaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Pantai Bangsring  merupakan kawasan konservasi laut di Banyuwangi yang diinisiasi oleh kelompok nelayan Samudera Bhakti, pengelola pantai setempat. Kelompok nelayan tersebut berhasil mengubah mindset nelayan di kawasan sini. Dari semula pengebom ikan, kini justru mereka menjaga laut, seperti menanam terumbu karang.

Di kawasan tersebut, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari snorkeling, diving, naik perahu menuju Rumah Apung. Di sana pengunjung bisa melihat dengan jelas ikan-ikan hias yang lalu lalang di laut, selain juga terdapat klinik hiu.

"Wisatawan juga bisa naik perahu menuju Pulau Tabuhan, pulau tak berpenghuni dengan pasir putihnya. Pulau ini sangat ideal untuk lokasi snorkeling. Bisa juga bermain paddle board di sekitar pulau ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya