Titik Api Kebakaran TP 5 Berada di Area Permainan Anak

Pemadamananya sejak buka sampai sahur gaes!

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya, Dedik Irianto mengungkap penyebab kebakaran dan titik api di area Tunjungan Plaza (TP) 5 yang terjadi saat berbuka puasa pukul 17.30 WIB, Rabu (13/4/2022). Penyebabnya diduga arus pendek atau korsleting listrik di area permainan anak-anak lantai empat TP 5.

1. Api pokok di permainan anak dipadamkan pukul 22.30 WIB

Titik Api Kebakaran TP 5 Berada di Area Permainan AnakKebakaran TP 5 berusaha dipadamkan, Kamis (14/4/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Dedik menyampaikan, titik api dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran pukul 22.30 WIB. Api pokok itu berkobar cukup besar. Sehingga penjinakkannya memakan waktu.

“Sumber api tadi sudah ketemu akhirnya di permainan anak-anak itu (titik apinya), lantai 4 di TP 5 yang dekat lift itu,” ujarnya, Kamis (14/4/2022).

2. Diduga ada percikapan api yang menyambar ke mainan anak

Titik Api Kebakaran TP 5 Berada di Area Permainan AnakEri Cahyadi saat meninjau Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Berdasarkan hasil identifikasi sementara, Dedik menyebut dugaan awal kebakaran dari korsleting listrik di kawasan permainan anak. Kemudian percikan api menyambar ke mainan terbuat dari plastik yang mudah terbakar.

“Mainan anak-anak kan dari plastik. Jadi ya, mudah terbakar, dan tadi asapnya kan juga hitam pekat,” kata dia.

Baca Juga: Kebakaran Tunjungan Plaza Diduga dari Salah Satu Resto

3. Ada dua tenant yang hangus terbakar, pemadaman selesai saat sahur

Titik Api Kebakaran TP 5 Berada di Area Permainan AnakSuasana proses pemadama kebakaran di TP 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Untuk luas yang terbakar, Dedik menyebut ada dua lokasi. Pertama, area permainan seluas 8 x 10 meter. Kedua, tenant baju seluas 5 x 8 meter. "Tenant mainan yang terbakar itu dan di sampingnya (tenant baju anak),” katanya. Pemadaman dinyatakan selesai ketika masuk waktu makan sahur yakni sekitar pukul 03.38 WIB.

Baca Juga: Hari Ini Tunjungan Plaza Tetap Buka Kecuali Area TP 5

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya