Comscore Tracker

Tak Dapat Hadiri Pemakaman, Khofifah Dapat Pesan Ini dari Fuad Amin

Khofifah mengaku menghormati Fuad Amin sebagai cucu kiai

Surabaya, IDN Times - Terpidana kasus korupsi, RKH Fuad Amin Imron akan dimakamkan di Bangkalan, Madura, Selasa (17/9) pagi. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, jenazah Fuad sudah dibawa di rumah duka Bangkalan sekitar pukul 19.00 WIB, Senin (16/9).

"Rencana (dimakamkan) pukul 10.00 WIB, karena ada salah satu putri beliau yang flight pagi dari Singapura," ujar Gubernur Jatim usai takziah di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo Surabaya, Senin (15/9).

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menambahkan, dirinya tidak bisa mengikuti prosesi pemakaman karena bersamaan dengan pelantikan Bupati Malang. "Tapi saya tidak bisa mengikuti prosesi pemakaman karena pada jam yang sama, ada pelantikan Bupati Malang," kata Khofifah.

Dalam kesempatan ini, Khofifah membeberkan kalau diminta mendiang Fuad untuk membimbing Bupati Bangkalan RKH Abd. Latif Amin Imron atau Ra Latif yang merupakan adiknya. Dia mengaku kenal dengan sosok Fuad cukup lama yakni ketika bersama-sama menjadi anggota DPR.

"Dan kira-kira dua bulan lalu beliau bertelepon. Beberapa kali menitipkan adiknya Bupati Bangkalan supaya dibimbing, beberapa kali beliau sampaikan. Kebetulan Bupati Bangkalan ada di depan jenazah," bebernya.

Khofifah juga mengaku diminta oleg Fuad menjadi kakak asuh bagi Ra Latif. Agar senantiasa membimbing Bupati Bangkalan yang dilatik 24 September 2018 tersebut.

"Saya sampaikan bahwa pesannya Kiai Fuad, saya diminta menjadi kakak asuh membimbing. Tadi saya sampaikan Bupati Bangkalan. Terkahir dua bulan yang lalu, saya ditelepon dengan kalimat yang sama," ungkapnya.

Lebih lanjut, Khofifah menganggap Fuad merupakan salah satu tokoh Madura yang dihormati. Pasalnya mendiang Fuad Amin merupakan cicit dari inisiator pendiri NU, Syaikhona Kholil Bangkalan.

"Beliau merupakan cicit dari inisiator pendiri NU, Syaikhona Kholil Bangkalan. Beliau kategori inisiator NU, pasti kita menghormati seluruh keluarga besar inisiator NU," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Fuad Amin Meninggal Pukul 16.00 WIB, Masuk RS Sejak Sabtu

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You