Comscore Tracker

Sindikat Kampung Narkoba Sampang, Polda Sebut Ada Polisi Terlibat

Polisi tersebut merupakan anggota Polsek Sokobanah

Surabaya, IDN Times - Desa Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura saat ini menjadi sorotan Satgas Anti Narkoba Polda Jatim. Pasalnya, Rabu (31/7) kemarin, tim gabungan menggagalkan penyelundupan sabu-sabu seberat 50 kg dan 99 butir pil inex asal Malaysia di desa tersebut.

1. Ada anggota polisi yang diperiksa di Polda Jatim

Sindikat Kampung Narkoba Sampang, Polda Sebut Ada Polisi TerlibatIDN Times/Fitria Madia

Suburnya bisnis narkoba di kawasan yang pernah menjadi rusuh Syiah ini disinyalir melibatkan anggota kepolisian. Hal tersebut pun tidak ditampik oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. Saat ini anggota polisi terduga itu sedang menjalani pemeriksaan.

"Dimintai keterangan saja. Ikut membantu," ujar Barung, Rabu (31/7).

2. Oknum polisi aktif Polsek Sokobanah

Sindikat Kampung Narkoba Sampang, Polda Sebut Ada Polisi TerlibatDok.IDN Times/Istimewa

 

Perwira dengan tiga melati emas ini menambahkan, terkait oknum polisi yang diduga terlibat merupakan anggota Polsek Sokobanah, Sampang, Madura. Sementara perannya, Barung enggan merinci. "Dari Polsek Sokobanah, Sampang," kata Barung.

Jika terbukti disanksi tegas

Apabila oknum polisi tersebut terbukti terlibat, ia tegas. Tapi dia tidak ingin berandai-andai sanksi yang akan diberikan oleh Polri.

"Kan diperiksa semua saksinya. Nanti sanksinya jelas lah, kan musuh negara yang utama kata presiden itu narkoba," jelas Barung.

3. Kapolres Sampang masih dalami dugaan keterlibatan anggotanya

Sindikat Kampung Narkoba Sampang, Polda Sebut Ada Polisi Terlibat(Ilustrasi narkoba) Pixabay.com/congerdesign

Sebelumnya Kapolres Sampang,AKBP Budhi Wardiman mengaku masih mendalami dugaan keterlibatan anggotanya. Namun dirinya tidak menampik, bahwa ada anggotanya yang dilakukan peneriksaan, terhadap dugaan keterlibatannya pada sindikat jaringan pengedar narkoba Sokobanah ini.

"Nah ini masih dalam pendalaman. Kita masih ambil keterangan, tapi belum tahu indikasinya seperti apa," terangnya.

Baca Juga: Artis Terjerat Narkoba Dihukum atau Rehabilitasi? Ini Penjelasan BNN

4. Polisi sita narkoba senilai Rp10 miliar

Sindikat Kampung Narkoba Sampang, Polda Sebut Ada Polisi TerlibatDok.IDN Times/Istimewa

 

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan sebelumnya mengatakan telah mengungkap keberadaan narkoba milik sindikat Kecamatan Sokobanah, Sampang. Narkoba itu dikirim dari Malaysia menuju ke Pontianak, melalui jalur laut, darat, dan udara. Lalu dikirim ke Surabaya, kemudian masuk ke Sokobanah, Madura. Dari Sokobanah, barang haram tersebut akan didistribusikan lagi ke beberapa kota seperti  Jakarta dan Papua.

Luki menambahkan, pengungkapan narkoba senilai Rp10 miliar ini, merupakan hasil penyelidikan bersama dengan berbagai pihak, baik kepolisian, bea cukai, BNN, dan TNI yang dimulai sejak bulan Februari 2019 lalu. Tercatat, para pelaku mengirimkan barang dari bulan Februari, Maret, April dan terakhir bulan Juli ini.

Baca Juga: Gerebek Kampung Narkoba Sampang, Tim Gabungan Amankan 50 kg Sabu

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You