Kumpulan #CrazyRichSurabayan Tukarkan U$50 Juta Demi Stabilkan Rupiah

Wah ini nih teladan

Surabaya, IDN Times - Baru-baru ini publik dibuat geli dengan berbagai cuitan Twitter #CrazyRichSurabayan. Fenomena tersebut seakan menunjukkan sangat mudahnya orang kaya di Surabaya untuk membeli apapun dan berpergian ke manapun. Padahal sekarang ini nilai tukar Rupiah masih lemah terhadap Dolar. 

Simpatik dengan hal itu, mereka yang tergabung dalam Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jawa Timur (Forkas) pun ramai-ramai menukarkan Dolar yang dimilikinya dengan Rupiah. Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko di Hotel Majapahit Surabaya, Kamis (20/9) malam. 

1. Tukarkan US$50 juta ke Rupiah

Kumpulan #CrazyRichSurabayan Tukarkan U$50 Juta Demi Stabilkan RupiahDok. IDN Times/ Istimewa

Tak main-main para pengusaha ini pun sepakat menukarkan US$50 juta ke Rupiah. Jika dikurs-kan setara Rp740.350 miliar. Pengumpulan uang tersebut dilakukan oleh 38 asosiasi pengusaha di Jatim. "Satu, dua sampai tiga hari ini untuk US$50 juta," ujar Ketua Umum Forkas Nur Cahyudi.

2. Targetnya hingga nilai Rupiah stabil

Kumpulan #CrazyRichSurabayan Tukarkan U$50 Juta Demi Stabilkan RupiahIDN Times/Sukma Shakti

Nur menegaskan, gerakan ini tidak ada kaitannya dengan politik. Dia dan para pengusaha hanya ingin menguatkan Rupiah. Salah satunya dengan melepas Dolar. "Ini gerakan moral. Agar ditiru temen lain seluruh Indonesia. Ini inisiatif temen forkas. Target sampai rupiah stabil di angka keekonomisan," katanya.

Baca Juga: 5 Fakta Film Terbaru Joko Anwar Bareng Produser 'Crazy Rich Asians'

3. Pemerintah sangat mengapresiasi langkah pengusaha Jatim agar Dollar tak bergejolak

Kumpulan #CrazyRichSurabayan Tukarkan U$50 Juta Demi Stabilkan RupiahANTARA FOTO

Sementara itu, Moeldoko sangat mengapresiasi inisiatif ini. Dia menyebut gerakan ini sangat positif. Dia berharap tidak hanya di Jatim tetapi juga menyebar. Menurutnya melemahnya Rupiah tanggung jawab moral bersama. "Ini upaya nyata, jauh dari kepentingan politik. Ini kepentingan usaha murni dan pemerintah. Agar dolar tidak bergejolak. Maka harus ada kolaborasi," pungkasnya.

Baca Juga: Dari #CrazyRichSurabayan, Ini 7 Pelajaran Penting yang Bisa Kita Petik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya