Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di Medan

Semangat terus, Rek!

Surabaya, IDN Times - Mobil listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang sedang mengikuti ekspedisi keliling Nusantara PLN BLITS Explore Indonesia mengalami kecelakaan tabrakan beruntun di Tebing Tinggi, Sabtu (15/12). Meski begitu, mereka berhasil menuntaskan perjalanan di Pulau Sumatera dengan pemberhentian terakhir di Kota Medan, Senin (17/12).

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, kecelakaan berupa tabrakan beruntun terjadi saat rombongan tim PLN BLITS Explore Indonesia melakukan perjalanan dari Tebing Tinggi menuju Medan, Sumatera Utara. Akibatnya, beberapa mobil yang mengikuti touring rusak di beberapa bagian.

Baca Juga: Bukan Sekadar Mobil Listrik, Inilah 4 Sisi Lain Tesla

1. Libatkan beberapa mobil

Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Direktur PUI-SKO ITS, Muhammad Nur Yuniarto, mengatakan tabrakan beruntun terjadi saat rombongan yang terdiri dari satu mobil patroli dan pengawalan (Patwal) di urutan paling depan mengerem secara mendadak. Sontak tabrakan beruntun terjadi dengan mobil listrik BLITS yang berada tepat di belakangnya.

"Kemudian disusul mobil hybrid Kasuari dan diiringi dengan dua mobil logistik, serta mobil pembawa peralatan yang tak bisa menghindari tabrakan beruntun iring-iringan tim PLN BLITS Explore Indonesia," ujarnya.

2. Mobil alami kerusakan

Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Akibat kecelakaan itu, terjadi kerusakan pada bagian depan mobil listrik BLITS. Karena rusak, tim PLN BLITS Explore Indonesia diharuskan untuk memperbaiki kendaraan secepatnya agar dapat menyelesaikan perjalanan menuju 5 ribu kilometer pertama di Kota Medan tersebut.

3. Penumpang dan pengemudi tidak luka

Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Meski mobil mengalami kerusakan, Nur memastikan penumpang dan pengemudi mobil listrik tidak luka-luka. Hal itu karena adanya proses desain yang sangat baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan saat pembuatan mobil ini sendiri.

“Saat ini posisi mobil sedang dalam proses perbaikan di Kota Medan sebagai pemberhentian terakhir di Pulau Sumatera ini,” jelasnya.

Ia menambahkan tabrakan tersebut juga bukan gara-gara permasalahan sistem pengereman dari masing-masing mobil. “Namun, ini murni karena kehendak Tuhan untuk memperingatkan kami agar lebih waspada dan berhati-hati, serta kami yakin kejadian ini dapat mempererat kebersamaan dan kekompakan tim PLN BLITS Explore Indonesia,” tandasnya.

4. Perjalanan indah dengan suguhan pemandangan Sumatera

Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Nur yang mewakili tim PLN BLITS Explore Indonesia mengungkapkan, perjalanan di Pulau Sumatera ini merupakan perjalanan yang luar biasa indah. Tim disuguhkan dengan segala keindahan alam dan penduduk yang saling menguatkan di segala kondisi. “Hal itu membuat tim kami merasa bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan dengan kondisi tim kami yang baik-baik saja atas musibah ini,” katanya.

5. Lanjutkan perjalanan ke Pulau Kalimantan

Sempat Alami Kecelakaan, Mobil Listrik ITS Berhasil Finish di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Rencananya, setelah menempuh 5 ribu kilometer di Pulau Sumatera, tim PLN BLITS Explore Indonesia akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Pontianak, Kalimantan Barat dengan menggunakan kapal. Namun, perjalanan tersebut harus ditunda hingga proses perbaikan mobil listrik BLITS selesai.

Baca Juga: Rusia Luncurkan Mobil Listrik Saingan Tesla, Berikut 10 Fakta Uniknya!

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya