Comscore Tracker

Polda Jatim Berangkatkan Satbrimob, Sabhara, dan Biddokkes ke Semeru

Disiagakan membantu warga jika terjadi erupsi susulan

Lumajang, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) memberikan atensi khusus atas terjadinya erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (16/1/2021) sore. Ratusan personel diberangkatkan ke Semeru untuk bersiaga dan memberi bantuan ke warga setempat apabila ada erupsi susulan.

1. Satbrimob, Sabhara, dan Biddokes disiagakan ke sekitar Semeru

Polda Jatim Berangkatkan Satbrimob, Sabhara, dan Biddokkes ke SemeruPersonel Polda Jatim sebelum diberangkatkan ke Semeru, Sabtu malam (16/1/2021). Dok. Humas Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, ada tiga satuan yang dikerahkan oleh Polda Jatim. Yakni Satuan Brimob (Satbrimob), Sabhara, dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim.

"Ke Lumajang untuk membantu erupsi Semeru," ujarnya saat ditelepon IDN Times, Minggu (17/1/2021).

2. 300 personel Brimob diberangkatkan ke Lumajang

Polda Jatim Berangkatkan Satbrimob, Sabhara, dan Biddokkes ke SemeruPersonel Polda Jatim diberangkatkan ke Semeru. Dok. Humas Polda Jatim

Khusus Satbrimob, kata Gatot, pihaknya mendata ada 300 personel yang telah meluncur ke Lumajang pada Sabtu (16/1/2021) malam. Saat ini semua personel telah berada di lokasi sekitaran lereng Semeru untuk antisipasi apabila terjadi erupsi yang lebih besar.

"Tapi semoga tidak terjadi letusan lagi," ucap Gatot.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, BPBD: Warga Tak Perlu Panik, tapi Tetap Waspada

3. Bawa beberapa perlengkapan seperti tenda hingga dapur umum

Polda Jatim Berangkatkan Satbrimob, Sabhara, dan Biddokkes ke SemeruPersonel Polda Jatim diberangkatkan ke Semeru. Dok. Humas Polda Jatim

Selain personel, beberapa kesiapan yang dibawa antara lain, 10 set tenda, feltbet 300 buah, masker 600 buah, sepatu boot 100 buah, sarung tangan 100 buah, meja dan kursi masing-masing 10 set, serta tandu 10 set, sekop 100 buah, cangkul 100 buah, mantel 300 buah.

"Selain itu, personel Satbrimob juga menyiapkan dua unit mobil dapur lapangan, satu unit mobil watercannon, satu unit mobil SAR serta empat unit (R4), 12 unit (R2) serta dua unit truk boks," terang Gatot.

"Personel Satbrimob sendiri nantinya akan menuju ke Polres Lumajang terlebih dahulu, untuk melakukan koordinasi dengan Polres Lumajang," tukas mantan Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya tersebut.

Baca Juga: Dua Kecamatan di Lereng Semeru Tertutup Abu Vulkanik

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya