Comscore Tracker

Perdana! ITS Surabaya Buka Fakultas Vokasi Jalur SNMPTN, SBMPTN, SKM

Cara daftarnya sama dengan program lainnya, guys

Surabaya, IDN Times - Fakultas Vokasi (FV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai 2021 menerima mahasiswa baru melalui jalur pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan SKM atau mandiri. Pada tahun sebelumnya, fakultas tersebut tidak tersedia lantaran belum masuk dalam naungan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

1. SNMPTN 20 persen, SBMPTN 30 persen dan Mandiri 50 persen

Perdana! ITS Surabaya Buka Fakultas Vokasi Jalur SNMPTN, SBMPTN, SKMDaya tampung FV ITS tahun 2021. Dok. Humas ITS

Mekanisme dan pembagian kuota yang disediakan FV ITS sama seperti program sarjana lainnya yang juga menyediakan tiga jalur seleksi sesuai LTMPT. Yakni SNMPTN 20 persen, SBMPTN 30 persen, dan sisanya kuota untuk SKM.

“Dengan total daya tampung untuk SNMPTN sebanyak 176, SBMPTN sebanyak 264, serta SKM sebanyak 440 mahasiswa,” ujar Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah dalam keterangan tertulis resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Mau Daftar SNMPTN? Simak Dulu Tips dari Kampus Ini

2. Kriteria tak beda jauh dengan tahun lalu

Perdana! ITS Surabaya Buka Fakultas Vokasi Jalur SNMPTN, SBMPTN, SKMDekan FV ITS, Muhammad Sigit Darmawan. Dok. Humas ITS

ihwal skema kriteria penerimaan SNMPTN, SBMPTN, dan SKM di FV ITS, tidak  berbeda dengan sistem program vokasi tahun lalu. Untuk SNMPTN, kriterianya hampir sama dengan jalur prestasi, memakai nilai rapor dan prestasi. Sedangkan SBMPTN hampir sama dengan jalur reguler memakai nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

“Demikian pula halnya dengan jalur SKM yang kriterianya hampir sama dengan jalur mandiri pada tahun lalu, yaitu memakai nilai UTBK sebagai kriteria utama,” kata Dekan FV ITS, Muhammad Sigit Darmawan.

3. Hanya menerima SMA/MA jurusan IPA dan SMK/MAK yang linier

Perdana! ITS Surabaya Buka Fakultas Vokasi Jalur SNMPTN, SBMPTN, SKMIlustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk diketahui, FV ITS hanya menerima peserta lulusan SMA/MA jurusan IPA dan lulusan SMK/MAK dari jurusan yang relevan. Hal itu mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 06/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Spektrum Keahlian SMK/MAK.

FV ITS memiliki delapan program studi, Teknologi Rekayasa Manufaktur, Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Rekayasa Konversi Energi, Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Rekayasa Teknologi Instrumentasi, Teknologi Rekayasa Otomasi, serta Statistika Bisnis.

Baca Juga: Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTN

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya