PDIP Vs Demokrat Memanas, Emil Dardak Jadi Bahannya

AHY sampai ikut bela nih!

Surabaya, IDN Times - PDI Perjuangan dan Partai Demokrat tampaknya tengah memanas. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berulang kali menyindir komunikasi Ketua DPD Demokrat Jawa Timur (Jatim) yang juga Wakil Gubernur (Wagub) Emil Elestianto Dardak.

Bahkan, Hasto dalam kesempatannya di Surabaya sempat bilang tak kenal Emil Dardak.

Seakan tak mau tinggal diam Emil membantah tuduhan Hasto kalau dirinya sulit diajak komunikasi dengan bupati/wali kota di Jatim dari PDIP. Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun ikut membela Emil.

1. Hasto puji Khofifah, tapi tak kenal Emil

PDIP Vs Demokrat Memanas, Emil Dardak Jadi BahannyaSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (dok. PDIP)

Diketahui, Hasto sempat memuji pola komunikasi yang dilakukan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Tapi, di sisi lain, Hasto justru secara blak-blakan mengaku tidak mengenal Emil. Sebelumnya, dia menyebut kalau wakilnya, dalam hal ini Emil, komunikasinya tidak baik. Terutama jika dengan kepala daerah dari PDIP.

"Bu Gubernur Khofifah ini sangat baik. Komunikasinya baik, beliau yang dengan latar belakang Nahdliyin itu seperti kakak dan adik dengan PDIP. Saya hormat dengan beliau," ujarnya saat di Viaduk Gubeng, Rabu (9/11/2022).

"Siapa (Emil)? Saya tidak kenal! Beliau ini (Sri Untar Sekretaris PDIP Jatim) yang kenal," Hasto menambahkan.

Baca Juga: Soal Jatah Presiden ke Prabowo, Hasto: Pak Jokowi Hanya Memuji

2. Emil sikapi positif, dia ngaku hormati Hasto

PDIP Vs Demokrat Memanas, Emil Dardak Jadi BahannyaWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Pernyataan Hasto itu ditanggapi oleh Emil. Suami Arumi Bachsin ini mengaku tak terlalu mempermasalahkan pernyataan Hasto itu. “Saya berusaha menyikapi segala sesuatunya dengan pikiran positif,” kata Emil, Jumat (11/11/2022).

Mantan Bupati Trenggalek ini bahkan mengaku menghormati Hasto. Meski Hasto sudah tak mengenalnya lagi. “Saya senantiasa menghormati beliau (Hasto),” katanya. Terkait hubungan dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Jatim, Emil berprinsip akan menjaganya dengan baik.

“Membangun Jatim membutuhkan peran seluruh pihak, bersinergi dan berkolaborasi. Semangat tabayyun, gotong royong dan kekeluargaan akan menjadi modal dasar mewujudkan pembangunan Jatim yang berkeadilan,” ungkap Emil.

3. AHY beri pujian kerja Emil di Jatim

PDIP Vs Demokrat Memanas, Emil Dardak Jadi BahannyaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sementara itu, Ketum Partai Demokrat, AHY langsung datang ke Jatim usai ada polemik Hasto dengan Emil. Seakan membela kadernya, AHY memberi pujian setinggi langit soal komunikasi yang dilakukan oleh Emil selama ini.

"Saya gak melihat ada masalah komunikasi. Mas Emil ini luwes bukan karena di samping saya, tapi ini ada keluwesan dalam komunikasi. Ini satu aliran dengan yang saya lakukan," kata dia, Minggu (13/11/2022).

Menurut AHY, Emil sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Sebagai ketua partai di Jatim sekaligus wagub. "Komunikasi dan silaturahmi borderless. Banyak masalah yang dicari jalan keluarnya bersama. Pemimpin partai di Jatim apalagi wagub bisa jadi orangtua dan kolaborasi," pungkas dia.

Baca Juga: Manuver Hasto Bikin Obrolan Tertutup dengan Khofifah-Eri Cahyadi  

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya