Comscore Tracker

Khofifah Emil Berpotensi Pecah Kongsi, Eri Jadi Opsi?

Semua kemungkinan ada...!

Surabaya, IDN Times - Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Jatim) memang masih dua tahun lagi. Tapi, sejumlah lembaga survei mulai merilis hasil surveinya untuk nama-nama yang berpotensi maju dalam kontestasi tersebut. Sejumlah nama tentunya mempunyai elektabilitas yang mumpuni.

1. Posisi Emil memungkinkan untuk maju gubernur

Khofifah Emil Berpotensi Pecah Kongsi, Eri Jadi Opsi?Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Sebagai petahana, nama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak masih mempunyai magnet yang besar dalam survei. Ada prediksi kalau keduanya pecah kongsi untuk bisa menduduki kursi kepemimpinan Jatim. Tapi ada pula kemungkinan keduanya masih akan bersama untuk periode kedua.

"Semua serba mungkin, baik Mas Emil berpasangan kembali dengan Bu Khofifah atau mau pecah kongsi berjalan sendiri serba mungkin. Mas Emil posisinya Wakil Gubernur Jatim dia punya panggung apalagi posisinya sekarang Ketua DPD Demokrat Jatim secara politis punya akses yang kuat untuk partai politik," ujar Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdus Salam kepada IDN Times, Rabu (29/6/2022).

"Kalau Bu Khofifah dan Mas Emil berduet lagi akan menjadi kekuatan yang lebih. Tapi gak ada yang menjamin bahwa keduanya bisa berpasangan. Tergantung nanti, tiket Pilgub Jatim akan dikeluarkan DPP (Partai)," dia menjelaskan.

2. Kinerja Emil ungguli Khofifah dalam survei

Khofifah Emil Berpotensi Pecah Kongsi, Eri Jadi Opsi?ANTARA FOTO/Reno Esnir

Meski elektabilitas Emil masih di bawah bayang-bayang Khofifah, tapi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja suami Arumi Bachsin ini mengungguli Khofifah. Terbukti dalam survei yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) melibatkan 1.070 emak-emak di Jatim Februari 2022 lalu, kepuasan Emil 70,7 persen, Khofifah 69,1 persen.

Surokim yang juga peneliti senior di SSC merinci 69,1 persen kaum hawa menyatakan puas terhadap Khofifah, 19,8 persen menyatakan kurang puas, 6,1 persen menyatakan tidak puas, dan sisanya 5 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Terhadap kinerja Emil 70,7 persen menyatakan puas, 15,3 persen kurang puas, 8,2 persen menyatakan tidak puas dan sisanya 5,8 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. "Data mengonfirmasi bahwa emak-emak Jawa Timur paling puas dengan Kinerja Wagub Emil Dardak," kata Surokim.

Kepuasan terhadap kinerja Emil juga muncul dalam hasil survei Poltracking Indonesia yang melibatkan 1.000 warga Jatim pada Mei lalu. "Pada kinerja personal sebanyak 59,2 persen publik puas terhadap kinerja Khofifah. Sebanyak 60,3 persen publik puas terhadap Emil," kata Direktur Peneliti Poltracking, Arya Budi.

Baca Juga: Survei Pilpres di Jatim, Khofifah Tertinggal di Kandang

3. Eri bisa jadi opsi wakil bagi Khofifah atau Emil

Khofifah Emil Berpotensi Pecah Kongsi, Eri Jadi Opsi?Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dok. Humas Pemkot Surabaya)

Apabila Khofifah dan Emil pecah kongsi, ada sejumlah opsi untuk nama-nama pendampingnya. Salah satu yang digadang ialah Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Belakangan, nama Eri mulai naik. Elektabilitasnya pun melejit masuk ke jajaran tiga besar untuk bersaing menjadi gubernur.

Merujuk pada hasil survei terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia, elektabilitas Khofifah sebesar 39,8 persen, disusul Tri Rismaharini alias Risma sebesar 19,5 persen, kemudian Eri Cahyadi 9,6 persen, Emil Dardak 9,2 persen dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul 5,8 persen. "Wajar (elektabilitas Eri tinggi) panggung sekarang dimiliki kepala daerah," kata Surokim.

"Karena momentumnya, tepat dengan pemuluhan pandemik. Kepala daerah punya panggung yang banyak dan leluasa. Ditambah lagi Surabaya ibu kota provinsi, secara geopolitik, Surabaya pasti halaman depan Provinsi Jawa Timur. Baik gubernur dan kepala daerah di Surabaya punya panggung lebih banyak. Makanya survei menempatkan posisi Bu Khofifah dan Pak Eri pada posisi yang baik," pungkasnya.

Baca Juga: Survei Pilgub Jatim, Khofifah Dibuntuti Risma dan Eri

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya