Jatim Punya E-KTSP, Permudah Pengurusan Dokumen Sekolah

Aplikasi pengajuan dan pengesahan KTSP berbasis website

Surabaya, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) meluncurkan inovasi berupa Elektronik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (E-KTSP). Inovasi ini bertujuan untuk memudahkan satuan pendidikan khususnya jenjang SMA/SMK mengajukan KTSP secara efisien dan efektif.

1. 1.506 SMA negeri dan swasta gunakan E-KTSP

Jatim Punya E-KTSP, Permudah Pengurusan Dokumen SekolahKepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi. Dok. Dindik Jatim.

E-KTSP sendiri berupa aplikasi pengajuan dan pengesahan KTSP berbasis website yang dapat mempermudah sekolah dalam meningkatkan kualitas dokumen KTSP. Sebanyak 1.506 SMA yang terdiri dari 423 SMA negeri dan 1083 SMA swasta yang menggunakan aplikasi ini mulai tahun ajaran baru.

Kepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi menyebut, selama puluhan tahun ini pengurusan KTSP yang manual justru meninggalkan dokumen yang cukup tebal dan rangkap empat. Proses manual ini juga membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang dalam mendapatkan pengesahan.

"Banyak sekolah yang datang dari jauh misalnya Madiun, Ponorogo, Pacitan kadang tidak cukup satu hari penyelesaian pengesahan jika menggunakan cara manual. Karena banyak dokumen juga yang harus diproses," ujarnya.

Baca Juga: Mirip ATM, Dindik Jatim Luncurkan Kios 'Ajaib' untuk Penunjang Belajar

2. Proses pengesahan diharap lebih efisien

Jatim Punya E-KTSP, Permudah Pengurusan Dokumen SekolahSilabus

Nah, melalui E-KTSP ini proses pengesahan KTSP akan lebih efisien dan efektif. Proses ini juga akan menghindari banyak lembaga yang hanya salin tempel dalam penyusunan dokumen KTSP. Keaktifan dan ketertiban guru dalam menjalankan tugas pokok yakni pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) akan terpantau.

"Kami (Dindik Jatim) juga dapat memantau keaktifan kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran," tegas dia.

3. E-KTSP libatkan semua elemen dalam pengurusan hingga pengesahan

Jatim Punya E-KTSP, Permudah Pengurusan Dokumen SekolahIlustrasi aplikasi-aplikasi media sosial. (Pixabay.com/Pixelkult)

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMA Dindik Jatim, Ety Prawesti menjelaskan, aplikasi E-KTSP memiliki keunggulan melibatkan semua elemen lembaga dalam pengurusan dan pengesahannya. Mulai dari admin sekolah, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, 24 cabang Dindik Jatim wilayah setempat.

Jatim dan Dinas Pendidikan Jatim. Keterlibatan semua pihak ini akan membantu pengawasan dalam pengajuan dan pengesahan KTSP. Keunggulan lainnya yakni, proses pengajuan dan pengesahan dilakukan secara real time.

"E-KTSP ini juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan pengesahan KTSP dan kualitas dokumen KTSP SMA. Tahun ajaran baru ini sekolah sudah bisa menggunakan aplikasi berbasis website ini," papar Ety.

4. Begini tata cara penggunaannya

Jatim Punya E-KTSP, Permudah Pengurusan Dokumen SekolahKabid Pembinaan SMA Dindik Jatim, Ety Prawesti menjelaskan, aplikasi E-KTSP. Dok. Dindik Jatim.

Dalam penggunaanya, sekolah lebih dulu mengakses https://E-ktsp.ppsma-jatim.com kemudian masukkan username dan password. Selanjutnya, sekolah mengunggah dokumen I,II dan III. Kemudian kepala sekolah akan menilai, mengajukan KTSP dan mengunduh SPTJM. Dilanjut menilai dan meriview buku 1.

"Jika proses ini sudah benar maka akan memberi status dari draft menjadi reviewed dan akan diteruskan ke cabang dinas pendidikan (cabdindik) wilayah," terang Ety.

Selanjutnya cabdindik akan merekomendasikan ke Dindik Jatim. Setelah proses dilakukan maka Dindik Jatim akan mengaktivasi dan mengesahkan KTSP. Sekolah dapat mencetak lembar persetujuan yang telah disahkan Dindik Jatim.

Baca Juga: Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya