Empat PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Diisolasi Terpisah

Sampel PCR mereka dibawa ke Litbangkes untuk diteliti

Surabaya, IDN Times - Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara membenarkan bahwa jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang positif COVID-19 mulai bertambah. Saat ini, pihaknya merawat empat PMI dari Malaysia.

1. Sudah ada empat PMI asal Malaysia positif COVID-19

Empat PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Diisolasi TerpisahIlustrasi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengikuti Rapid Test COVID-19 (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Keempat PMI itu berangkat terpisah dari Malaysia. Semuanya sudah menjalani tes swab saat di Malaysia dengan hasil negatif. Sesampainya di Bandara Juanda, para PMI langsung dibawa ke Asrama Haji Surabaya untuk tes swab sembari karantina dua hari.

"Hasilnya didapatkan hasil empat orang positif COVID-19. Mereka yang terkonfirmasi positif langsung dikirim ke RSLI untuk segera ditangani," ujar Nalendra tertulis, Senin (3/5/2021).

Satu orang PMI laki-laki dikirim ke RSLI pada Jumat (30/4/2021).  Selanjutnya tiga orang PMI terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan dikirim ke RSLI pada Sabtu (1/5/2021)

Baca Juga: Mudik di Masa Pandemik, 2 PMI Asal Madiun Rela Karantina Berlapis

2. Ditempatkan di ruang terpisah antisipasi vairan baru

Empat PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Diisolasi TerpisahIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Nalendra menambahkan, empat PMI Malaysia yang positif COVID-19 itu ditempatkan diruangan khusus. Pasien laki-laki di ruang Neptunus, sedangkan pasien perempuan di ruang Saturnus. Pemisahan ini dimaksudkan untuk monitoring ketat kondisi mereka karena berasal dari luar negeri.

"Pemisahan terkait dinamika virus yang ada pada tubuhnya, juga untuk mencegah supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih luas, serta menghindari kemungkinan merebaknya virus dari luar tersebut ke tempat umum," katanya.

3. Sampel hasil PCR dibawa ke Litbangkes

Empat PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Diisolasi TerpisahIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Pihak RSLI juga tidak menampik kalau pemisahan pasien PMI sebagai upaya antisipasi COVID-19 varian baru.  Maka dari itu, sampel hasil swab PCR para PMI yang positif COVID-19 ini akan  dikirim ke Litbangkes Jakarta untuk penelitian lebih lanjut.

"Jangan sampai COVID-19 yang bersumber dari luar negeri membawa dan menebarkan varian baru yang lebih berbahaya di Indonesia," tegas Nalendra

"Juga perlu saya tekankan, bahwa menghadapi COVID-19 ini kuncinya tetap pada ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan," pungkas dia.

Baca Juga: Satu PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya