Comscore Tracker

Dear Warga Jatim, Bu Gubernur Minta Diam 3 Menit pada 17 Agustus

Sirine akan dibunyikan sebelum lagu Indonesia Raya

Surabaya, IDN Times - Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun yang jatuh pada Senin (17/8/2020), Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengingatkan warganya agar menghentikan semua aktivitas selama 3 menit. Yakni tepat pukul 10.17 WIB sampai dengan 10.20 WIB.

 

1. Sesuai dengan arahan pemerintah pusat

Dear Warga Jatim, Bu Gubernur Minta Diam 3 Menit pada 17 AgustusIlustrasi Pengibaran Bendera Merah Putih (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Arahan tersebut, kata Khofifah, sejalan dengan instruksi dari Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) agar seluruh masyarakat bisa turut menghormati peringatan detik-detik proklamasi. Yaitu dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna.

"Seluruh warga Jawa Timur, di manapun berada kami mohon agar bisa menghentikan aktifitasnya selama 3 menit saja, untuk mengheningkan cipta sambil berdoa dengan sikap tegap sempurna," ujarnya, Sabtu (15/8/2020).

2. Tetap gelar upacara tapi terbatas

Dear Warga Jatim, Bu Gubernur Minta Diam 3 Menit pada 17 AgustusGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat launching 26 juta masker di Pendopo Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pada peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, Khofifah menegaskan tetap digelar meski masih pandemik COVID-19. Namun, pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Bahkan, untuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) hanya 10 orang, yang berasal dari tahun 2019. Serta, pasukan upacara dan undangan yang sangat terbatas.

"Di tengah suasana pandemi Covid-19,
peringatan HUT Kemerdekaan Ke-75 RI kita laksanakan dengan sederhana, namun tetap khidmat dan tertib," tegas Khofifah.

3. Sirine akan dibunyikan sebelum lagu Indonesia Raya

Dear Warga Jatim, Bu Gubernur Minta Diam 3 Menit pada 17 AgustusGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai melayat Gus Iim di Denanyar Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Lebih lanjut, sesuai surat Mensetneg seluruh jajaran Polri dan TNI setiap daerah diminta untuk membantu keberhasilan pelaksanaan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75. Diantaranya, dengan membunyikan sirine atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang.

"Untuk itu, sekali lagi mari kita semua ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi pada hari Senin, 17 Agustus tahun 2020 dimulai jam 10.17-10.20 WIB hening cipta sambil berdo'a," pungkas dia

Baca Juga: 20 EWS di Sleman Akan Kembali Dibunyikan Serentak pada 17 Agustus 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya