Comscore Tracker

Cak Ipin: Medsos Itu Kaya Minyak Tanah, Harus Bijak Menggunakannya

Kalau gak bener, bisa mudah kesulut

Surabaya, IDN Times - Memasuki tahun politik, Wakil Bupati Trenggalek M. Nur Arifin alias Cak Ipin mengimbau seluruh masyarakat dan millennial untuk lebih bijak menggunakan media sosial (medsos). Tidak bisa dipungkiri bahwa di medsos masih sering dijumpai informasi yang kebenarannya masih belum valid. Dia pun mengingatkan agar tidak membuat viral sesuatu hal yang belum jelas.

1. Cak Ipin sebut medsos sebagai minyak tanah

Cak Ipin: Medsos Itu Kaya Minyak Tanah, Harus Bijak Menggunakannyapexels.com

Cak Ipin, sapaan akrabnya, menyampaikan agar publik, khususnya warganet pandai memfilter isu. Dia menilai informasi di medsos sangat riskan jika tidak disaring. "Ibarat isu itu adalah pemantik, medsos itu minyak tanahnya. Jadi isu yang tidak benar itu tidak akan besar jika tidak di-share atau ditanggapi di media sosial," ujarnya saat ditemui di Hotel Namira Surabaya, Minggu (23/9).

Baca Juga: Selalu Miringkan Peci, Wabup Termuda Ini Beberkan Alasannya

2. Mengajak agar tidak membeli produk kebencian

Cak Ipin: Medsos Itu Kaya Minyak Tanah, Harus Bijak MenggunakannyaIDN Times/Reza Iqbal

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur ini mengimbau agar generasi milenial dan netizen tidak membeli produk-produk kebencian. Maksudnya membeli produk-produk itu, kalau sudah tahu ada berita buruk yang kontennya negatif tidak usah dilayani, diserang, tidak usah di komen-komen atau dilawan, bahkan balik menghujat.

"Jika konten itu ibarat barang dagangan, dagangan tersebut sudah laku laris dan dikonsumsi banyak pihak," tambah Ipin.
 

3. Ajak sadar spiritual, konstisional dan digital dalam bermedsos

Cak Ipin: Medsos Itu Kaya Minyak Tanah, Harus Bijak MenggunakannyaIDN Times/Reza Iqbal

Selain itu, Mas Ipin juga mengingatkan dalam bermedsos semua harus sadar. Dia menilai generasi muda sekarang harus melek digital dan politik. "Artinya harus paham tiga kesadaran. Yaitu sadar saleh spiritual, konstisional, dan digital," pungkas Wabup termuda ini.

Baca Juga: Cak Ipin, Wabup Millennials yang "Sadar Usia"

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You