Besok Ujian, Disiapkan Sekolah Darurat untuk Korban Gempa di Malang  

Tetap semangat ujian

Surabaya, IDN Times - Pemulihan pascagampa Blitar magnitudo 6,2 terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim). Rencananya, akan didirikan sekolah darurat di Kabupaten Malang, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga: 113 Rumah Rusak Akibat Gempa di Blitar, Khofifah Tinjau Kondisi Warga

1. Siapkan sekolah darurat di Sumbertangkil Malang

Besok Ujian, Disiapkan Sekolah Darurat untuk Korban Gempa di Malang  Kerusakan pasca gempa yang terjadi di Kota Malang. Dok/BPBD Kota Malang

Kasi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo Nurseno mengatakan, sekolah darurat yang didirikan nanti terbuat dari tenda. Lokasinya di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

"Kami menyiapkan tenda darurat untuk sekokah darurat di Sumbertangkil, Malang karena besok ujian," ujarnya saat dihuhungi.

2. Ditarget berdiri hari ini

Besok Ujian, Disiapkan Sekolah Darurat untuk Korban Gempa di Malang  Rumah warga di Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan usai diguncang gempa bumi. (Dokumentasi BPBD Malang)

 

Sekolah darurat ini, kata Satriyo, sementara ini didirikan satu terlebih dahulu. Sekarang BPBD sedang mengirim tenda tersebut ke Simbertangkil. Sehingga hingga pukul 10.00 WIB, dipastikan belum berdiri.

"Tenda belum berdiri, masih pengiriman. InsyaAllah hari ini berdiri 1 unit," ucapnya.

3. Total kerusakan capai ratusan rumah, puluhan fasum dan 3 korban

Besok Ujian, Disiapkan Sekolah Darurat untuk Korban Gempa di Malang  Anggota TNI menunjukkan kondisi ruang rawat inap Paviliun Cempaka RSUD Mardi Waluyo yang rusak parah akibat gempa bumi di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (19/4/2021) (ANTARA FOTO/Irfan Ashori)

Selain pendirian sekolah darurat, BPBD juga masih fokus melakukan pembersihan. Total kerusakan akibat gempa sebanyak 506 rumah dan 33 fasiltas umum tersebar di Kabupaten Blitar, Malang, Lumajang, Pasuruan, Kota Malang, Kota Blitar, Jember dam Kediri.

Lebih lanjut, juga tercatat tiga korban jiwa dengan rincian satu luka berat di Kabupaten Blitar, satu luka ringan di Malang dan satu luka ringan di Pasuruan.

Baca Juga: Gempa Blitar, Mapolsek hingga Tempat Ibadah Rusak

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya