Bea Cukai Juanda Ungkap Narkoba Langka Asal Empat Negara

Sayangnya belum ada satupun tersangka yang ditangkap

Sidoarjo, IDN Times - Petugas gabungan, Bea Cukai, Polda Jatim, dan BNN Provinsi Jatim merilis narkoba hasil selundupan dalam 4 bulan terakhir. Dalam waktu kurun waktu tersebut sebanyak 5 kasus telah diungkap. Jenis narkoba yang diungkap pun tergolong langka di Indonesia.

1. Ganja cair asal Amerika coba dimasukkan ke Jatim

Bea Cukai Juanda Ungkap Narkoba Langka Asal Empat NegaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kepala KPPBC Juanda, Budi Harjanto mengatakan ada narkoba jenis baru yang coba dimasukkan ke Jatim yakni ganja cair. Barang haram ini diselundupkan dengan cara disamarkan dengan cairan kental bewarna kuning. "Sebanyak 7 botol vapor asal Amerika. Di tempat lain pernah. Tapi di sini (Jatim) baru pertama," ujarnya.

2. Tak hanya Amerika, narkotika asal Ethiopia, Kanada dan Belanda pun diselundupkan

Bea Cukai Juanda Ungkap Narkoba Langka Asal Empat NegaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, ada juga paket kiriman narkoba jenis Cathione berbentuk daun kering. Daun berwarna hijau pucat sebanyak 4.500 gram ini berasal dari Ethiopia. Tim gabungan juga mengungkap ekstasi sebanyak 67 butir yang disembunyikan dalam bentuk surat. "Ada dua asal Belanda. Ekstasi sama satunya MDMA seberat 10 gram. Yang dari Kanada bubuk ganja seberat 130 gram," kata Budi.
 

Baca Juga: BNNP Bali Musnahkan Ganja 7 Kg, Kiriman Dari Sumatera

3. Selamatkan puluhan ribu nyawa

Bea Cukai Juanda Ungkap Narkoba Langka Asal Empat NegaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sayangnya, kasus ini masih dalam pengembangan. Belum ada satu pun tersangka yang ditangkap. Meski begitu, Budi mengklaim bahwa operasi ini mampu menyelamatkan ribuan nyawa. "Total bruto narkotika yang diamankan 4.519,7 gram. Kalau dikonsumsi bisa membunuh 22.598 nyawa. Asumsinya 1 gram dikonsumsi oleh 5 orang," pungkas Budi.

Baca Juga: Komika MUD Ditangkap Karena Narkoba

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya