AHY Ujian Proposal Disertasi, Unair: Kuliahnya Tekun

Ketum Partai Demokrat segera bergelar doktor

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus meningkatkan keilmuannya. Semenjak daftar menjadi mahasiswa S3 Pengembangan Sumber Daya Manusia Univerisitas Airlangga (Unair) pada 2021 lalu, kini dia menjalani sidang proposal disertasi.

Hadir secara langsung di gedung Pasca Sarjana Unair, putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  ini memaparkan disertasinya. Yang berjudul 'Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'.

"Tentu spesial saya khusus datang dari Jakarta kemarin untuk menghadiri secara langsung sidang proposal. Saya ingin mengikuti pendidikan dengan baik jadi Alhamdulillah walaupun dengan segala keterbatasan waktu dan juga saya tidak sehari-hari berdomisili di Surabaya," ujarnya usai sidang proposal disertasi.

"Tetapi semua kegiatan perkuliahan sejak dimulai ketika itu tahun 2021 dan sampai dengan hari ini saya bisa mengikutinya dengan baik baik yang dilakukan secara online secara langsung," dia menambahkan.

Terpisah, Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Suko Widodo mengapresiasi semangat belajar AHY di tengah kesibukan memimpin partai politik berlambang bintang mercy. Dia pun menyarankan agar para politisi yang ingin meraih gelar doktoral mengikuti proses perkuliahan secara benar laiknya AHY.

"Sekolah yang benar kayak AHY, harus mengikuti datang dan kuliah secara tekun. Doktor kan puncak belajar dari seorang mahasiswa," ucap Suko.

Terkait perkuliahan di Unair, Suko memastikan tidak ada perlakuan istimewa kepada AHY. Semua mahasiswa diperlakukan sama. Harus mengikuti proses akademik sesuai prosedur. Bahkan, pihak civitas akademik menerapkan tradisi yang ketat kepada semua mahasiswa yang menempuh studi di kampus itu.

"Ada tradisi yang harus ditempuh sebagai mahasiwa dan kami menerapkan betul di Unair," tegasnya. "Kami memperlakukan mas AHY sebagai mahasiswa seperti yang lainnya. Dan dia taat," tambah Suko.

Terkait proposal disertasi, Suko menyampaikan bahwa penguji sudah meloloskannya. Menurut dia, dari hasil penilaian para pembimbing, konsep yang sudah dirumuskan oleh AHY sudah memenuhi syarat, sehingga layak untuk dilanjutkan menjadi sebuah program penelitian.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya