19 CJH Cadangan di Jatim Bisa Gabung Kloter Pamungkas

Total ada sebanyak 19 kursi kosong

Surabaya, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya akan menyediakan kloter pamungkas. Kloter ini merupakan kloter terakhir yakni kloter 38. Nantinya, di kloter 38 ini akan tersedia beberapa kursi kosong yang bisa diisi oleh Calon Jemaah Haji (CJH) cadangan.

1. Kekosongan terjadi karena ada CJH gagal berangkat

19 CJH Cadangan di Jatim Bisa Gabung Kloter PamungkasIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris bilang, kekosongan kursi tersebut karena adanya jemaah haji yang gagal berangkat. Ada beberapa penyebabnya, seperti meninggal dunia, sakit, hamil dengan usia kandungan di bawah 14 minggu dan CJH yang mundur karena mendampingi keluarga sakit, hamil atau sebab lain yang sangat penting.

"Karena ada beberapa jemaah yang tahun ini tidak jadi berangkat," ujarnya tertulis, Kamis (30/6/2022).

2. Total ada sebanyak 19 kursi kosong

19 CJH Cadangan di Jatim Bisa Gabung Kloter PamungkasIlustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Perjalanan Haji dan Umrah (Umrah) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim) ini melanjutkan, kursi kosong pada penerbangan kloter pamungkas ini akan diberikan kepada 19 jemaah haji cadangan yang telah konfirmasi pelunasan BPIH berdasarkan urutan teratas.

"Masih terdapat beberapa (19) kursi kosong di penerbangan terakhir pada kloter 38," kata Haris.

3. Kloter pamungkas masuk asrama haji besok

19 CJH Cadangan di Jatim Bisa Gabung Kloter PamungkasIlustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Berdasarkan data yang diterima IDN Times dari PPIH Embarkasi Surabaya, kloter 38 dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Surabaya pukul 20.00 WIB, Jumat (1/7/2022). Mereka akan keluar dari asrama kemudian berangkat ke Bandara Juanda pukul 21.15 WIB, Sabtu (2/7/2022). Estimasi sampai di Bandara Jedah, Arab Saudi pukul 04.40 waktu setempat, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Kisah di Balik Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya