TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyuwangi Kembali Raih Predikat A untuk SAKIP dari Kemenpan RB

Perlu kerja keroyokan dan buang ego sektoral

IDN Times/Istimewa

Banyuwangi, IDN Times - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali memberikan nilai A kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP). Pemberian nilai A dipertahankan selama tiga tahun sejak 2016.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, M. Yusuf Ateh menyampaikan, Banyuwangi adalah kabupaten pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meraih SAKIP A.

Baca Juga: Banyuwangi Festival Siapkan 30 Atraksi Wisata Khusus untuk Millennial

1. Telah menjadi inspirasi banyak daerah

IDN Times/Istimewa

Tahun ini, kementerian kembali memberikan nilai A karena selain bisa mempertahankan kinerja, juga sudah menjadi rujukan banyak kabupaten lain.

"Saya berterima kasih ke Banyuwangi. Tidak hanya bisa mempertahankan kualitasnya, tapi juga mampu menginspirasi daerah lain untuk berbenah. Hampir semua kabupaten yang nilai SAKIP-nya naik pernah belajar dengan berkunjung langsung ke Banyuwangi,” ujar Ateh melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Rabu sore, (6/2).

2. Menghapus ego sektoral

IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa yang paling penting dalam kinerja pelayanan publik yakni bisa bersinergi dengan semua elemen. Dari situ, ego sektoral antar dinas maupun antar kabupaten harus dibuang.

"Dalam beberapa tahun ini kita jalin kolaborasi antarorganisasi perangkat daerah. Ego dinas dihapus, ego sektoral dienyahkan. Yang ada adalah ego daerah, yaitu bagaimana membuat Banyuwangi tambah maju. Dalam SAKIP, yang jadi fokus adalah target kinerja, bukan siapa dinas pelaksananya. Karena satu target itu dikeroyok banyak pelaksana, banyak dinas, banyak badan,” paparnya.

Baca Juga: Tempe Gintangan Banyuwangi, Pertahankan Daun Pisang Demi Cita Rasa

Berita Terkini Lainnya