TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penipu Lowongan Satpam di Kejari Surabaya Diringkus 

Pasang iklan lowongan abal-abal di medsos

Kajari Surabaya saat ungkap penipuan lowongan kerja satpam di Kejari Surabaya, Jumat (4/11/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Surabaya, IDN Times - Membuka lowongan pekerjaan abal-abal sebagai Satpam di Kejaksaan Negeri Surabaya, seorang Satpam ditangkap di Rungkut, Jumat (4/11/2022). Satpam itu menjanjikan korbannya pekerjaan asal mau membayar Rp2,7 juta.

Baca Juga: Hari Pahlawan Surabaya, Ada Parade Juang hingga Isighosah

1. Kejari tidak membuka lowongan satpam

Ilustrasi Satpam (Instagram.com/info.satpam.ri)

Kepala Kejari Surabaya, Danang Suryo Wibowo mengaku sedang tidak membuka lowongan pekerjaan Satpam di Kejari Surabaya. Selama ini, rekrutmen Satpam di Kejari Surabaya adalah dengan mekanisme outsourcing.

"Kami biasanya, membuka melalui media sosial dan akan diseleksi melalui pembinaan," ujar Danang di Kejari Surabaya.

2. Lowongan disebar lewat WA

ilustrasi lowongan kerja (IDN Times/Nathan Manaloe)

Lebih Jauh Danang menjelaskan, dirinya telah menangkap dua orang pelaku. Mereka adalah HS yang merupakan seorang satpam dan rekan HS, S. 

"Informasi awal ini didapat dari status WhatsApp yang bersangkutan, tim intelijen melacak dan bertemu terduga di jalan Rungkut, kita dapat mengamankan terduga HS. Dari hasil pengembangan kami mengejar rekannya S," kata dia.

3. Pelaku beraksi secara kelompok

Ilustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

HS dan S tidak bekerja sendiri melainkan bersama dua orang rekannya yakni C dan I. Keempat pelaku ini, membagi hasil rekrutmen palsu yang didapat. 

"Penawaran Rp2,7 juta itu akan dibagi-bagi, HS dapat Rp500 ribu, S dapat Rp500 ribu, C dapat Rp200 ribu dan I Rp1,2 juta," jelas Danang.

Baca Juga: Kasus Penipuan Tas Hermes, Medina Zein Dilimpahkan ke Kejari Perak

Berita Terkini Lainnya