TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8.080 Balita di Surabaya Terjangkit Pneumonia

Didominasi usia 0 sampai 5 tahun

childrenswellnesscenter.com

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 8.080 balita di Surabaya terjangkit Pneumonia sepanjang tahun 2022. Kasus tersebut didominasi balita berusia 0 sampai 5 tahun.

Baca Juga: Selain Pneumonia, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menguasai Dunia

1. 11.512 kasus pneumoni paling banyak terjadi pada balita

pixabay.com

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, kasus Pneumonia seluruhnya di Surabaya adalah 11.512 kasus. Paling banyak terjadi pada balita.

"Karena usia tersebut merupakan usia rentan, dimana kekebalan tubuh belum terbentuk secara optimal. Lebih lanjut, berdasarkan deteksi dini ISPA Pneumonia di Surabaya untuk semua usia terdapat 11.512,” ujar Nanik.

Pneumonia sendiri disebabkan infeksi virus, bakteri atau jamur. Gejala yang ditimbulkan adalah batuk, pilek hingga sesak.

2. Anak-anak sering bertemu banyak orang

ilustrasi pneumonia varicella (commons.wikimedia.org/Mikael Häggström)

Nanik menjelaskan, penyebab anak-anak mudah terpapar Pneumonia lantaran, anak-anak sering berinteraksi dengan banyak orang, serta mengunjungi berbagai tempat. Sehingga berisiko terpapar virus/kuman penyebab infeksi saluran pernapasan menjadi lebih besar dibanding usia bayi 0 - 1 tahun .

"Kelompok yang rentan tersebut adalah balita terutama dengan status imunisasi yang tidak lengkap, status gizi kurang/buruk atau yang tidak mendapat ASI dalam jumlah yang cukup," kata dia. 

Baca Juga: Cegah Pneumonia, Mulai Tahun Ini Semua Anak Bakal Divaksin PCV

Berita Terkini Lainnya