TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PMK Meluas, Polisi Tuban Lakukan Penyekatan di 4 Titik Perbatasan

Tuban penghasil sapi terbesar ke dua di Jatim

Ratusan sapi di Kabupaten Tuban terjangkit virus PMK. IDN Times/Imron

Tuban, IDN Times - Seiring merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Tuban, sejumlah petugas kepolisian disiagakan di empat titik pintu masuk Tuban. Mereka melakukan penyekatan mobilitas hewan ternak yang akan keluar-masuk di wilayah Tuban.

Baca Juga: Curhat Peternak Sapi di Tuban, Merugi Diterpa Wabah PMK

1. Kabupaten Tuban merupakan penghasil sapi terbesar ke dua di Jatim

Kapolres Tuban AKBP Darman. IDN Times/Imron

Kapolres Tuban AKBP Darman mengungkapkan, penyekatan mobilitas hewan ternak itu sebagai upaya mencegah penularan PMK pada hewan ternak di Tuban. Menurut Darman, Kabupaten Tuban sendiri adalah penghasil sapi ternak terbesar ke dua di Jatim setelah Kabupaten Jember.

"Jadi Kabupaten Tuban ini merupakan penghasil sapi terbesar ke dua, jadi penyebaran PMK harus dilakukan dengan cukup ekstra maka dari itu kami telah melakukan penyekatan di 4 titik perbatasan," kata Darman, Senin (13/6/2022).

2. Pemilik sapi wajib menunjukkan surat sapi sehat saat melintas di jalan raya Tuban

Ratusan sapi di Kabupaten Tuban terjangkit virus PMK. IDN Times/Imron

Adapun empat titik pintu masuk yang disinyalir menjadi lokasi masuk dan keluarnya binatang ternak tersebut yakni, di perbatasan Kecamatan Widang, Bancar, Parengan dan Jatirogo. Dari hasil penyekatan yang dilakukan aparat kepolisian selama ini, polisi telah beberapa kali menghalau para peternak sapi yang dibawa dari luar daerah ke Tuban untuk dibawa balik karena tak memiliki dokumen yang resmi.

"Kalau kemarin ada sapi yang melintas di wilayah Tuban kemudian kita mintai berhenti, pas kita cek ternyata pemilik sapi mampu menunjukkan surat-surat sapi sehat selanjutnya kami izinkan mereka melanjutkan perjalanan. Rencananya sapi akan di bawah ke daerah lain di Jatim," jelasnya.

Baca Juga: Vaksin Perdana PMK Telah Tiba di Indonesia

Verified Writer

Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya