Mayat di Sendang Biru, Diduga Korban Hanyut Pantai Jembatan Panjang

Beberapa bagian tubuh korban sudah hilang

Malang, IDN Times - Nelayan di Pantai Sendang Biru Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang dikejutkan dengan sesosok jenazah mengapung saat tengah mencari ikan. Kejadian itu langsung dilaporkan kepada pihak Satpolair Polres Malang pada Kamis (20/07/2023).

Jenazah tersebut ditemukan dalam kondisi tidak utuh, sehingga identitasnya sulit dikenali. Namun, diduga jenazah itu adalah salah satu korban hanyut di Pantai Jembatan Panjang Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang belum ditemukan.

1. Polisi benarkan ada penemuan jenazah di Pantai Sendang Biru, diduga korban hanyut Pantai Jembatan Panjang

Mayat di Sendang Biru, Diduga Korban Hanyut Pantai Jembatan PanjangJenazah ditemukan di Pantai Jembatan Panjang, diduga korbam hanyut Pantai Jembatan Panjang. (Dok. Humas Polres Malang)

Saat dikonfirmasi, Kanit Kanit Penegakan Hukum Satpolair Polres Malang, Iptu Yoni Pribadi membenarkan kalau ditemukan jenazah di perairan Pantai Sendang Biru. Jenazah tersebut ditemukan pada sore hari oleh nelayan yang tengah mencari ikan. Akan tetapi identitas jenazah tersebut tidak diketahui karena kondisinya tidak utuh.

"Jenazah tersebut ditemukan sekitar pukul 15.30 WIB oleh nelayan di sekitar Sendang Biru. Kemudian dilakukan evakuasi untuk selanjutnya dibawa ke RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar)," terangnya.

Ada dugaan kalau korban adalah WNA (Warga Negara Asing) asal Swiss, Jana Olivia Soland (24) yang juga merupakan mahasiswa exchange program dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) atau Bayu Perbangsa (40) warga Jalan Tirtomulyo, Desa Kolagen, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Namun, hasil resminya masih menunggu identifikasi dari RSSA.

2. Tubuh korban sudah banyak yang hilang, sehingga tidak bisa dikenali lagi

Mayat di Sendang Biru, Diduga Korban Hanyut Pantai Jembatan PanjangIlustrasi TKP (IDN Times/Arief Rahmat)

Yoni menjelaskan kalau kondisi mayat sudah tidak bisa dikenali lagi karena beberapa anggota tubuhnya tidak utuh. Bagian vitalnya juga telah rusak sehingga tidak bisa dipastikan apakah korban laki-laki atau perempuan.

Kondisi jenazah yang telah membusuk juga membuat identifikasi korban semakin sulit. Oleh karena itu, identifikasi korban diserahkan pada RSSA yang memiliki peralatan yang lebih mumpuni.

3. Masih ada 2 korban hanyut di Pantai Jembatan Panjang yang belum ditemukan

Mayat di Sendang Biru, Diduga Korban Hanyut Pantai Jembatan PanjangJenazah ditemukan di Pantai Jembatan Panjang, diduga korbam hanyut Pantai Jembatan Panjang. (Dok. Humas Polres Malang)

Sampai saat ini, memang masih ada dua korban kecelakaan laut di Pantai Jembatan Panjang yang ditemukan. Keduanya adalah Bayu Perbangsa (40) warga Jalan Tirtomulyo, Desa Kolagen, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Hanya 3 orang yang berhasil ditemukan hingga saat ini, 2 orang ditemukan selamat dan 1 orang ditemukan meninggal dunia.

Pencarian sisa korban juga telah dihentikan oleh Basarnas sejak Jumat (14/07/2023). Pasalnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), pencarian korban laka air batas waktunya adalah 7 hari. Setelah itu, hanya dilakukan pemantauan saja sampai seandainya tubuh korban muncul ke permukaan.

Dengan ditemukannya sesosok jenazah di Pantai Sendang Biru sore tadi, dimungkinkan kalau dia adalah salah satu dari 2 korban yang belum ditemukan. Sehingga menyisakan satu orang lagi yang belum ditemukan.

Baca Juga: 1 Korban Hanyut Pantai Jembatan Panjang Malang Ditemukan Meninggal

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya