TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unjung-unjung, Budaya Warga Probolinggo Saat Lebaran yang Terhalang

Warga tak bisa leluasa bertemu demi menghindari COVID-19

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Instagram.com/infokab_probolinggo

Surabaya, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat berbagai tradisi saat lebaran Idul Fitri tak bisa dijalankan. Salah satunya budaya di Kabupaten Probolinggo yaitu tradisi unjung-unjung. Setiap tahunnya, warga saling mendatangi rumah tetangga mereka untuk bersilaturahmi. Sayangnya, tahun ini tradisi tersebut tak bisa dilaksanakan lagi demi menghindari penularan COVID-19.

1. Tradisi silaturahmi dari Kabupaten Probolinggo

Ilustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menjelaskan, tradisi yang dimiliki oleh warga Kabupaten Probolinggo ini cukup unik. Jika biasanya silaturahmi kepada tetangga dilakukan oleh keluarga masing-masing, warga Probolinggo melakukannya bersama-sama dengan beberapa keluarga sekaligus.

"Jadi pertama satu keluarga mendatangi rumah tetangganya. Si yang punya rumah ini bersama-sama ikut bergeser ke rumah sebelahnya. Dan itu dengan istri, suami, dan anak-anak. Lalu begitu seterusnya dengan tetangga berikutnya. Jadi bisa dibayangkan sekali datang itu bisa banyak sekali," ujar Puput dalam program Salam Ramadan Cerita Indonesia oleh IDN Times, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Banjir Probolinggo Terus Terjadi, Khofifah Minta Bangun Plengsengan

2. Unjung-unjung membawa nilai positif bagi masyarakat

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Instagram.com/infokab_probolinggo

Puput menilai, tradisi ini membawa semangat yang positif bagi warga Probolinggo. Dengan unjung-unjung beramai-ramai, warga satu desa akan saling bertemu tanpa terkecuali. Suasanya yang tercipta pun menjadi semarak. Dengan demikian, komunikasi antar warga bisa terjaga dengan baik.

"Ini sangat bagus ya secara otomatis menambah kerukunan antar warga, silaturahmi tetap terjaga, ada empati, menimbulkan kegotongroyongan," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Penangkapan Pelaku Curanmor di Tol Probolinggo, Ini Kronologinya

Berita Terkini Lainnya