TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama Saleh

Khofifah sampaikan duka cita yang mendalam

Ucapan belasungkawa atas meninggalnya KH Abdullah Syukri Zarkasyi salah seorang pengasuh dan pimpinan Pondok Modern Gontor yang wafat, Rabu (21/10/2020)./instagram.com/pondok.modern.gontor

Surabaya, IDN Times - Pimpinan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia pada Rabu (21/10/2020) sore. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian ulama besar Tanah Air ini.

1. Meninggal dunia pada pukul 15.50 WIB

Almarhum Pengasuh Ponpes Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Instagram.com/santrimendunia.id

Humas Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo M. Taufiq Affandi menjelaskan, KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia pada pukul 15.50 WIB di Rumah Gontor, Ponorogo. Kabar wafatnya ulama yang akrab disapa Kiai Syukri ini juga telah diunggah dalam Instagram resmi PM Darussalam Gontor, @pondok.modern.gontor.

"Iya benar," ujar Taufiq saat dikonfirmasi awak media.

Baca Juga: Ponpes Gontor Berduka, K.H Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat 

2. Indonesia kehilangan salah satu ulama saleh

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberi penghargaan Jer Basuki Mawa Beya, Senin (12/10/2020). Dok. Pemprov Jatim

Khofifah pun menyampaikan bela sungkawanya atas kepergian Kiai Syukri. Khofifah menyebut bahwa Indonesia kembali kehilangan salah satu ulama besar.

“Ini adalah kali kesekian Indonesia kehilangan ulama-ulama sholeh di tahun ini. Insya Allah, husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kelapangan dan ketabahan hati dalam menerima cobaan ini,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

3. Almarhum berperan besar bagi dunia pendidikan Indonesia

Ucapan duka cita untuk pengasuh Ponpes Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Instagram.com/santrimendunia.id

Khofifah mengungkapkan, jasa Kiai Syukri sangat besar untuk Indonesia, khususnya di dunia pendidikan. Alumni Gontor telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Di antara mereka banyak yang menjadi menteri, kepala daerah, rektor, duta besar, budayawan, dan berbagai profesi serta jabatan strategis lainnya.

“Tidak ada yang tidak mengenal Gontor. Alumninya pun sangat disegani di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Kiprah alumninya pun sudah tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional,” tuturnya.

Ulama yang kerap disapa Kyai Syukri ini merupakan putra dari Kyai Imam Zarkasyi, yang merupakan satu dari tiga (trimurti) pendiri Gontor. Sejumlah amanah di luar pondok pernah dijabat Kyai Syukri, di antaranya Ketua Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo; Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999 – sekarang); Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999 – sekarang); Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999 – sekarang) dan Dewan Penasihat MUI Pusat.

Baca Juga: Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum Zuhur

Berita Terkini Lainnya