TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polres Trenggalek Gagalkan Upaya Penyelundupan Puluhan Ribu Benur

Hasil ungkap terbesar di Trenggalek

Kapolres Trenggalek. AKBP Doni Satria Sembiring saat mengecek benur yang hendak diselundupkan, IDN Times/ istimewa

Trenggalek, IDN Times - Polres Trenggalek menggagalkan upaya penyelundupan baby lobster atau benur. Polisi menangkap seorang warga asal Kabupaten Pacitan berinisial AN atas kasus tersebut. Sebanyak 41.786 ekor benur sebagai barang bukti. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar selama pengungkapan kasus penyelundupan benur di Trenggalek.

1. Bentuk tim khusus antisipasi penyelundupan benur

Kapolres Trenggalek. AKBP Doni Satria Sembiring saat mengecek benur yang hendak diselundupkan, IDN Times/ istimewa

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menuturkan, penggagalan upaya penyelundupan ini merupakan hasil penyelidikan petugas. Kabupaten Trenggalek merupakan wilayah pesisir yang memang memiliki kerawanan cukup tinggi.

Polisi telah membentuk satu tim khusus yang bertugas mengungkap kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan kelautan dan perikanan, termasuk penyelundupan benur dari perairan Trenggalek.

"Ini salah satu hasilnya dan jumlah benur yang berhasil diungkap merupakan yang terbesar selama ini," tuturnya, Minggu (9/8/2020).

Baca Juga: Terima Pesanan dari Medsos, Polres Trenggalek Bekuk Dua Pengedar Sabu

2. Benur dimuat dalam 9 boks

Benur yang hendak diselundupkan digagalkan Polres Trenggalek, IDN Times/ istimewa

Polisi yang melakukan penyidikan kemudian menangkap AN saat melintas di Jalan Raya Kecamatan Panggul. Saat diperiksa, petugas menemukan 9 boks berisi benur yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

Benur tersebut terdiri dari jenis pasir sebanyak 39.576 ekor dan jenis mutiara 2.210 ekor. Dari hasil pemeriksaan, AN mengaku mengambil benur dari seorang pengepul berinisial KO yang merupakan warga Kecamatan Panggul.

"Rencananya benur ini akan dibawa ke Pacitan dan sedang kami lakukan penyidikan lebih lanjut," imbuhnya.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Bayi di Trenggalek, Ayah Biologis Ditangkap

Berita Terkini Lainnya