TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lima Orang Pasien COVID-19 di Tulungagung Dinyatakan Sembuh

Persentase kesembuhan capai 42 persen

Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Tulungagung, IDN Times - Kabar gembira terkait kesembuhan lima pasien positif diumumkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung. Tambahan ini membuat jumlah pasien sembuh bertambah dari 22 orang menjadi 27 orang.

Persentase kesembuhan pasien positif juga meningkat menjadi 42 persen. Angka tersebut diharapkan bisa terus bertambah pada bulan ini.

1. Satu di antara lima pasien yang sembuh merupakan perawat

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COvid 19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, IDN Times/ Bramanta pamungkas

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro menjelaskan, pasien yang sembuh ini berasal dari wilayah Kecamatan Kalidawir, Sumbergempol, dan Kedungwaru. Satu pasien diketahui merupakan perawat di IGD RSUD Dr Iskak Tulungagung.

"Ini merupakan kemajuan yang signifikan, kami memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam proses penyembuhan pasien," jelasnya, Senin malam (1/6).

Baca Juga: Rapid Test Acak di Apollo Mall dan Golden Tulungagung, 4 Orang Reaktif

2. Dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab negatif

IDN Times, ilustrasi virus corona

Sebelum dinyatakan sembuh, para pasien harus melalui pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR). Hasilnya, lima orang dinyatakan negatif.

Dari kelima pasien yang dinyatakan sembuh ini, tiga di antaranya berdasarkan hasil swab kedua kali yang dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya. Sedangkan dua lainnya berdasarkan hasil fast swab menggunakan bantuan mobil dari BNPB pusat beberapa waktu lalu.

"Hasil fast swab tersebut kami perkuat dengan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) dan hasilnya negatif. Sehingga, mereka bisa pulang," imbuhnya.

Baca Juga: Kasus Tinggi, Mobil Laboratorium Dikirim ke Lamongan dan Tulungagung

Berita Terkini Lainnya