TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Perpanjangan PPKM Level, Khofifah Manut Pak Luhut

PPKM Level 4 di 12 kabupaten/kota

Ilustrasi Polri melaksanakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dlm rangka Penyekatan di Jalan Apron Kemayoran Jakarta Pusat (Twitter.com/TMCPoldaMetro)

Surabaya, IDN Times - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 akan berakhir Minggu (25/7/2021). Apabila kasus COVID-19 mengalami tren penurunan, pemerintah berjanji melonggarkannya, Senin (26/7/2021). Namun, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa belum bisa memastikan pelonggaran tersebut.

Baca Juga: SMA/SMK di Jatim akan Dibuka Secara Terbatas Usai PPKM Darurat

1. Masih akan rakor dengan Luhut

Khofifah membagikan masker di Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Khofifah mengatakan, kalau dirinya akan rapat koordinasi (rakor) terkait PPKM Level dengan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Apabila diperpanjang, maupun ada perubahan, nantinya akan ada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Ini nanti sore akan ada rakor dipimpin Pak Menko Marves, jadi kaitan PPKM Level 4 nanti akan ada rapat. Jadi kita menunggu biasanya akan diikuti oleh terbitnya Inmendagri," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

2. Sekarang masih berlaku PPKM Level

Ilustrasi PPKM Darurat (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Hingga saat ini, kata Khofifah, Jatim masih menerapkan PPKM Level 4 di 12 kabupaten/kota. Antara lain Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu.

Kemudian 26 daerah masuk level 3. Adalah Tuban, Trenggalek, Situbondo, Sampang, Ponorogo, Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Magetan, Lumajang, Kediri, Jombang, Jember, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Banyuwangi, Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan.

"Kalau sekarang, level 4 ada 12 (daerah). Level 3 ada 26 (daerah). Jadi kita akan tunggu, seluruh evaluasi itu yang lakukan tim dari pusat," katanya.

Baca Juga: Sampaikan Perpanjangan PPKM Darurat, Khofifah Minta Maaf

Berita Terkini Lainnya