TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Paus Terdampar di Madura, Pakar: Kilang Minyak Jadi Penyebab

Paus-paus itu terdampar akibat kekurangan kadar air

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Surabaya, IDN Times - Kepala Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dewi Hidayati membeberkan analisisnya soal terdamparnya puluhan paus di Bangkalan, Madura Kamis (19/2/2021).

Baca Juga: 6 Fakta Paus Sirip, Hewan Terbesar Kedua di Dunia

1. Paus yang terdampar berenang dari Australia

Peta pergerakan migrasi paus tiap bulannya. Dok.journals.plos.org

Dewi mengatakan, berdasarkan beberapa jurnal dan laporan media massa, paus yang terdampar tersebut sebenarnya akan migrasi secara berkelompok. Paus pilot atau short-finned pilot whale itu diperkirakan berasal dari perairan Australia.

Mereka berenang melewati perairan Indonesia. Journals.org juga menyebutkan jika aktivitas migrasi paus mencapai puncaknya pada Februari dan Mei setiap tahun.

“Pada penelitian tersebut dan juga beberapa laporan lain menyebutkan bahwa paus umumnya akan melewati jalur yang sama untuk bermigrasi,” ujarnya, Minggu (22/2/2021).

2. Cuaca ekstrem dan kilang minyak menjadi sebab paus terdampar

ANTARA FOTO/Ampelsa

Dalam sebuah referensi artikel ilmiah, berjudul In-depth Whale Navigation: Navigating the Long Way Home karya Robin Marks, imbuh Dewi, dikatakan bahwa paus yang mengikuti jalur magnet tersebut besar kemungkinan akan terdampar di daerah yang jalurnya berbelok.

“Kemungkinan termasuk di beberapa perairan pantai Pulau Madura dan kawasan Selat Madura,” kata Dewi.

Dia juga memprediksi, jika perubahan yang terjadi pada navigasi paus dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari cuaca ekstrem, gelombang sinar matahari, perubahan garis pantai, sakit, dan bisa saja dari aktivitas kilang minyak yang berada di sekitar perairan.

“Karena ada juga referensi yang mengatakan bahwa rig (bangunan lepas pantai) dijadikan patokan magnetik bagi paus,” imbuhnya.

Baca Juga: Hanya 1 Ekor Selamat, 48 Paus Terdampar di Bangkalan Dikubur

Berita Terkini Lainnya