TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ribu Lebih Warga Mengungsi, Semeru Masih Keluarkan Material Vulkanik

38 meninggal dunia, 13 orang masih hilang

Kendaraan Hagglund milik Palang Merah Indonesia (PMI) dikerahkan bantu pencarian di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru. Dok. Humas Pemrpov Jatim.

Lumajang, IDN Times - Jumlah warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Pasalnya, sampai saat ini Gunung Semeru terpantau terus mengeluarkan material vulkanik. Berdasarkan data Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru kini ada 5.171 pengungsi.

Baca Juga: Pakar Geologi: APG Semeru Merupakan Akumulasi Erupsi

1. Pengungsi terbanyak di Kecamatan Candipuro

Suasana pengungsian warga korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Lumajang. Ada 14 kecamatan yang menjadi titik pengungsian di Lumajang. Yakni Kecamatan Pronojiwo dengan sembilan titik berjumlah 985 orang, Kecamatan Candipuro enam titik sebanyak 1.733 orang, Kecamatan Pasirian empat titik sebanyak 974 orang.

Kemudian Kecamatan Lumajang sebanyak 199 orang, Kecamatan Tempeh 459 orang, Kecamatan Sumberseko 67 orang, Kecamatan Sukodono 191 orang dan lainnya tersebar di tujuh kecamatan lain di Lumajang. Sedangkan di Jember 94 orang, Kabupaten Malang 96 orang dan Kabupaten Blitar 20 orang.

2. Sebanyak 13 orang masih hilang, 38 meninggal dunia

Personel dari Satuan Brimob Polda Jatim dan K9 membantu pelacakan korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (dok. Pemprov Jatim)

Lebih lanjut, data korban jiwa tercatat warga luka-luka 56 orang, hilang 13 orang dan meninggal dunia 38 orang. Jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa. Selain dampak korban jiwa, erupsi Gunung Semeru mengakibatkan 2.970 unit rumah terdampak yang saat ini terus dilakukan pendataan.

Sementara fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang terdampak saat ini tercatat 31 unit terdiri atas sarana pendidikan 24 unit, sarana ibadah 5 unit, faskes 1 unit dan jembatan 1 unit. Sedangkan tercatat 199 ekor hewan ternak juga terdampak.

Baca Juga: Rekomendasi Pascaerupsi Gunung Semeru dari Pakar Geologi

Berita Terkini Lainnya