Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1 Ditarget Tuntas 2024

Cus Besuki-Probolinggo butuh 30 menit saja!

Banyuwangi, IDN Times - Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, yang digarap oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), mengalami perkembangan signifikan. Apabila rampung seluruhnya, tol ini dapat memangkas waktu perjalanan dan juga mengurai kemacetan yang kerap terjadi. Sangat memungkinkan, jarak Besuki-Probolinggo bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

1. Pembangunan dilakukan dalam dua tahap

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1 Ditarget Tuntas 2024Tol Probolinggo-Banyuwangi. (Google Earth)

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi ini menjadi bagian penting dari Jalan Tol Trans-Jawa. Di mana jalan ini bakal menjadi kunci penghubung ekonomi dan memperlancar segala mobilitas.

Sebagaimana diketahui, tahap pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap. Yakni Tahap I yang menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 kilometer, dan Tahap II yang menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 kilometer.

Hingga pertengahan Juli 2023 ini, progres pembebasan lahan telah mencapai 92,57% untuk Paket 1. Sementara untuk paket 2 sudah berjalan 82,77% dan 84,44% untuk Paket 3. Jika pembebasan lahan sesuai dengan target, pengerjaan konstruksi untuk Tahap I dari Probolinggo sampai Paiton ditargetkan rampung pada Agustus 2024. 

Baca Juga: Tol Trans Jawa Sisa Probolinggo-Banyuwangi, Ini Progresnya

2. Pembangunan Probolinggo-Besuki masih 2,5 persen

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1 Ditarget Tuntas 2024Set plan tol Probolinggo-Banyuwangi. (FOTO: Instagram/ plyta.ekon)

Mengacu Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, proyek pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi fokus pada ruas Probolinggo-Besuki dengan hak konsesi selama 50 tahun dan investasi sebesar Rp10,8 triliun. Sementara untuk proses kontruksi tol ini sudah digeber sejak Februari 2023 lalu.

Dalam keterangan resminya, Adi Prasetyanto Direktur Utama PT JPB, menyampaikan bahwa pembangunan Tahap I Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terdiri dari tiga paket pekerjaan konstruksi. Paket 1 Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 kilometer, Paket 2 Kraksaan-Paiton 11,20 kilometer, dan Paket 3 Paiton-Besuki 25,60 kilometer.

"Secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Probolinggo-Besuki saat ini sebesar 2,53 persen," kata Adi seperti dikutip IDN Times pada Sabtu (29/7/2023).

3. Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki punya 3 gerbang tol

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1 Ditarget Tuntas 2024Tol Probolinggo-Banyuwangi. (Google Earth)

Adi menyebut, pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki akan dibangun tiga Gerbang Tol (GT). Yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. Selain itu, juga akan dibangun tiga simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki.

"lengkap dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di arah Probolinggo dan arah Besuki," katanya.

Adi berharap bahwa jika pembebasan lahan berjalan sesuai target, maka konstruksi untuk Tahap I (dari Probolinggo hingga Paiton) diharapkan dapat selesai pada Agustus 2024. Dengan waktu tempuh 30 menit antara Ruas Probolinggo-Besuki, diharapkan dapat memaksimalkan segala mobilitas diatasnya.

Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terdiri dari 7 Seksi, pada setiap seksi memiliki panjang antara 11,2 kilometer hingga 42,3 kilometer.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Probowangi Seksi 1 Baru 24,88 Persen

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya