TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selesaikan Masalah Parkir, Pemkot Malang Akan Gaji Jukir 

Pemkot siap belajar ke Solo untuk pengelolaan parkir

IDN Times/ Alfi Ramadana

Malang, IDN Times - Permasalahan parkir kembali menjadi sorotan di Kota Malang. Hal itu muncul setelah beredar sebuah video viral dari oknum juru parkir (Jukir) di kawasan Alun-alun kota. Ia menarik tarif tak sesuai dengan harga sebenarnya. Pemkot Malang pun meresponsnya dengan melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi masalah itu.

1. Jukir akan digaji pemkot

IDN Times/ Alfi Ramadana

Salah satu terobosan yang disiapkan oleh Pemkot Malang adalah terkait penggajian jukir. Namun, hal itu baru akan dilakukan saat retribusi parkir sudah dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menjadi bagian dari Perumda Tunas. Sehingga permasalahan parkir perlahan bisa diselesaikan. 

"Nantinya ketika retribusi sudah masuk BUMD, kami akan merekrut tenaga untuk parkir. Mereka akan mendapat gaji sesua upah minimun kerja (UMK)," beber Wali Kota Malang, Sutiaji. 

Baca Juga: Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir 

2. Berikan fasilitas asuransi kesehatan

IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain bakal mendapatkan gaji pokok sesuai UMK, nantinya para jukir tersebut juga mendapat fasilitas tambahan. Fasilitas tersebut berupa asuransi kesehatan serta bekerja sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Untuk mewujudkan hal itu, Pemkot Malang bahkan siap belajar kepada Solo yang dinilai sudah berhasil menangani masalah parkir. 

"Mereka akan mendapat asuransi serta memberlakukan shift sesuai jam kerja yang ada," tambahnya. 

3. Siap berguru ke kota Solo

IDN Times/ Alfi Ramadana

Demi bisa memaksimalkan pengelolaan parkir, Pemkot Malang bahkan siap belajar ke Solo. Pemkot Solo dinilai berhasil mengelola parkir bekerjasama dengan BUMN. Sehingga hal itu meminimalisir praktek-praktek yang merugikan. 

"Di sana sudah bekerjasama dengan BUMN. Sehingga mereka bisa merekrut pekerja untuk parkir. Kami ingin mencontoh hal itu bagaimana penerapanya," tambahnya. 

Baca Juga: Viral Video Parkir Lampaui Tarif Normal, Dishub Malang Amankan Pelaku

Berita Terkini Lainnya