Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir 

Tahun 2023 ditargetkan masalah parkir selesai

Malang, IDN Times - Permasalahan pengelolaan parkir yang ada di Kota Malang masih terus menjadi persoalan yang belum selesai. Saat ini pendapatan kota Malang dari sektor parkir terbilang masih rendah. Padahal, potensi yang bisa didapatkan dari sektor ini terhitung cukup besar. Untuk itu, Pemkot Malang berupaya untuk memperbaiki pengelolaan parkir untuk meningkatkan pendapatan daerah. 

1. Siap kelola parkir dengan Perumda Tunas

Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk menyelesaikan permasalahan parkir tersebut, pihak Pemkot Malang sudah menyiapkan beberapa alternatif pengelola parkir. Saat ini, sudah ada tiga Perda, salah satunya diperuntukkan bagi Perusahaan Umum Daerah Tugu Aneka Usaha (Perumda Tunas). Nantinya, pengelolaan parkir akan menjadi bagian dari Perumda Tunas. Sehingga parkir di Kota Malang bisa lebih tertata dengan baik.  

"Saat ini sudah ada tiga Perda yang sudah masuk bagian hukum. Salah satunya terkait Perumda Tunas yang juga akan mengelola masalah parkir," beber wali Kota Malang, Sutiaji.

2. Target 2023 masalah parkir selesai

Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir IDN Times/ Alfi Ramadana

Pemerintah kota Malang menargetkan untuk masalah pengelolaan parkir tersebut bisa selesai maksimal tahun 2023. Namun mulai saat ini Pemkot Malang sudah mulai mengambil langkah-langkah strategis untuk urusan parkir. Pasalnya, potensi yang bisa didapat dari sektor parkir terhitung cukup besar.

"Paling tidak permasalahan parkir ini bisa selesai pada akhir masa jabatan kami. Kami harap semua permasalahan parkir bisa tuntas," tambahnya. 

3. Lakukan survei potensi parkir

Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir IDN Times/ Alfi Ramadana

Salah satu langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah melakukan survey. Terutama untuk mengetahui potensi parkir secara keseluruhan. Apalagi saat ini pendapatan pemkot Malang dari sektor parkir masih terhitung kecil. 

"Kami ingin melihat potensinya secara menyeluruh. Kalau bisa diketahui potensi pemasukan apabila parkir dikelola dengan baik, tentunya akan mempermudah dalam pengelolaanya," paparnya. 

Baca Juga: Banyak Cagar Budaya di Malang Mangkrak, Renovasi Tak Boleh Sembarangan

4. Maksimalkan sewa lahan

Pemkot Malang Akan Maksimalkan Pemasukan dari Sektor Parkir IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain melakukan survey, pihak pemkot Malang juga sudah menyiapkan alternatif lain yang bisa digunakan mengatasi permasalahan parkir. Salah satunya adalah dengan memberikan sewa lahan untuk parkir. 

"Sewa lahan ini harusnya bis menambah pemasukan. Sebagai contoh seperti di Surabaya yang sewa lahanya cukup tinggi. Untuk itu, saat ini kami juga tengah mengupayakan hal itu," tandasnya. 

Baca Juga: Perda Sampah Tak Maksimal, Pemkot Malang Disorot DPRD

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya